Wakil Komandan Tentara Rusia Mayjen Andrei Sukhovetsky Dilaporkan Tewas Dalam Pertempuran

Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky/Net
Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky/Net

Wakil Komandan Tentara Gabungan ke-41 dari Distrik Militer Pusat Rusia, Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky dilaporkan tewas dalam perang di Ukraina pada Rabu (3/3).


Kabar tersebut disampaikan outlet berita lokal dengan mengutip sebuah posting di media sosial VKontakte yang mengumumkan kematian Sukhovetsky, yang ditulis oleh Sergei Chipilev, seorang wakil dari kelompok veteran Rusia, Combat Brotherhood.

"Dengan sangat sedih kami mengetahui berita tragis tentang kematian teman kami, Mayor Jenderal Andrei Aleksandrovich Sukhovetsky, di wilayah Ukraina selama operasi khusus," kata posnya, tanpa merinci situasinya seperti dikutip dari AP.

Christo Grozev, direktur eksekutif situs pengecekan fakta Bellingcat, turut men- tweet berita kematian itu, menambahkan bahwa jika dikonfirmasi itu akan menjadi "demotivasi utama" bagi pasukan Rusia.

Outlet Ukraina Fakti melaporkan bahwa Sukhovetsky telah menjalankan peran terakhirnya sejak Oktober 2021 dan berbasis di Novosibirsk.

Radio Liberty yang ikut melaporkan kematian itu dan mengatakan Sukhovetsky sebelumnya memimpin Divisi Serangan Lintas Udara ke-7 di Novorossiysk selama tiga tahun.