Bupati Lamongan Yuhronur Lantik 421 Pramuka Siaga

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengalungkan melantik Pramuka Siaga Garuda/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengalungkan melantik Pramuka Siaga Garuda/RMOLJatim

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan secara langsung melantik Pramuka Siaga Garuda.


Pelantikan ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, yakni di Gedung Sport Center Lamongan dan di SMPN 1 Mantup.

Adapun Pramuka Siaga yang dilantik berjumlah 421 orang, dengan rincian 226 pramuka siaga dari Kecamatan Lamongan, 92 pramuka siaga asal Sambeng, 62 dari Ngimbang, 18 pramuka dari Mantup, dan 23 pramuka dari tingkat SD di Kembangbahu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur mengatakan bahwa ketika medali Pramuka Siaga Garuda ini diperoleh maka dengan demikian tanggungjawab akan masa depan bangsa dan negara berada di pundak masing-masing Pramuka.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses khususnya kepada anak-anakku siaga garuda yang telah mendapatkan medali yang saya berikan secara langsung, saya kalungkan secara langsung, seraya saya menepuk kedua pundaknya, yang itu artinya adalah bahwa masa depan bangsa, masa depan negara ini adalah di pundak sampean semuanya,” kelakar Bupati  Lamongan Yuhronur dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Selasa  (22/3)

Bupati Lamongan Yurohnur juga mengungkapkan bahwa tingkatan Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi yang tentunya menjadi teladan dan contoh bagi lingkungannya.

Dia berharap Pramuka Siaga Garuda yang baru dilantik ini akan memiliki karakter, penanaman sikap mental, membangun jati diri yang tetap dan tangguh, berkepribadian positif, utamanya bagi generasi milenial.

“Tentu ini menjadi kebanggaan, dengan diterimanya medali ini maka anak-anakku sekalian adalah sebagai teladan dan contoh di lingkungan masing-masing. Saya yakin diantara yang hadir, yang telah dilantik sebagai pramuka siaga garuda ini, tentu pada saatnya nanti akan ada yang menjadi pemimpin, pengusaha besar, tokoh-tokoh negeri, atau bahkan menjadi presiden Indonesia,” ujarnya.

Mereka dilantik menjadi Pramuka Siaga Garuda setelah dinyatakan lulus dan memenuhi syarat. Adapun syarat itu diantaranya yakni menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) tingkat siaga tata, memiliki tanda kecakapan khusus untuk pramuka siaga sekurang-kurangnya empat macam, menunjukkan hasil hasta karya, pernah mengikuti pertemuan pramuka siaga tingkat kwartir, pernah mengikuti perkemahan, mampu mengoperasikan perangkat komputer, serta telah mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkat garuda.