UKW PWI Malang Raya Angkatan 40 Diikuti 36 Jurnalis dari Berbagai Daerah

Para peserta saat mengikuti UKW PWI Malang Raya angkatan 40 di salah satu kelas madya/RMOLJatim
Para peserta saat mengikuti UKW PWI Malang Raya angkatan 40 di salah satu kelas madya/RMOLJatim

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 40. UKW tanpa dipungut biaya alias gratis ini diikuti 36 jurnalis dari berbagai daerah.


Kegiatan UKW tersebut dilaksanakan selama dua hari, pada Rabu-Kamis (30-31/3) di Politeknik Negeri Malang (Polinema).

"Alhamdulillah kegiatan ini kembali digelar. Kali ini angkatan ke 40 dengan jumlah 36 jurnalis yang ikut berpartisipasi dari berbagai daerah. Dalam UKW tidak ada satu peserta pun yang ditarik pembayaran meski seharusnya setiap peserta mendapat beban hingga Rp 5 juta," ujar Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, Rabu (30/3).

Masih kata Cahyono, bahwa digelarnya UKW merupakan hal yang sangat penting, karena semua wartawan harus kompeten di bidangnya.

"Berikutnya program yang kita selenggarakan yaitu Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) kedua," jelasnya.

Secara rinci, Cahyono juga menyampaikan, dari 36 peserta terbagi 6 kelas. Diantaranya 1 kelas jenjang madya dan 5 kelas jenjang muda.

"Ada 6 asesor yang betugas. Tiga asesor dari PWI Jatim dan tiga asesor lainnya dari dewan pers," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim, Lutfi Hakim mengungkapkan, kompetensi wartawan ini merupakan tanggung jawab yang harus dijalankan setiap insan pers sesuai amanat Dewan Pers.

"Dengan mengikuti uji kompetensi ini, harapan kami adalah seorang wartawan dapat memiliki skill dan pengetahuan yang baik. Menulis saja tidak cukup, seorang wartawan pengetahuannya harus luas, karena kualitas konten itu penting," tandasnya.

Di tempat yang sama, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengapresiasi terhadap PWI Malang Raya, karena sudah melaksanakan UKW sebanyak 3 angkatan dalam dua tahun ini.

"Demi meningkatkan kapasitas, Kepolisian siap bekerjasama dengan teman-teman jurnalis. Semoga kegiatan memberikan banyak manfaat," tutur Buher sapaan akrab Budi Hermanto tersebut.


ikuti update rmoljatim di google news