Pastikan Masyarakat Mudik Aman dan Sehat, Forkopimda Jatim Gelar Rakor Angkutan Lebaran 2022

Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur, di Hotel kawasan Kota Wisata Batu/RMOLJatim
Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur, di Hotel kawasan Kota Wisata Batu/RMOLJatim

Forum Koordinasi Pimpinan Daerag (Forkopimda) Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur, di Hotel kawasan Kota Wisata Batu, Sabtu (23/4).


Kegiatan diawali dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada anak yatim dilanjutkan pengarahan Forkopimda Provinsi Jatim kepada peserta rapat koordinasi

"Agar menghimbau calon pemudik untuk mudik menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, guna mengantisipasi lonjakan kendaraan," imbau Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Dalam rakor, Irjen Pol Nico Afinta meminta agar para Kasatwil untuk melaksanakan Rekayasa Lalu Lintas di lokasi wisata wilayah masing-masing apabila diperlukan untuk mengurangi mobilitas dan kepadatan.

"Perlu adanya kerjasama seluruh stake holder terkait agar dapat mewujudkan mudik aman dan sehat," ujar Irjen Pol Nico Afinta.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dalam arahannya Gubernur menyampaikan kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan terkait pengecekan vaksinasi yang sudah diterima oleh masyarakat.

"Target vaksinasi booster agar terus diakselerasi dengan tetap melaksanakan vaksin baik di siang hari maupun setelah sholat tarawih," tegas Khofifah.

Khofifah juga menyampaikan untuk mengantisipasi isu permasalahan, seperti bencana alam, kemacetan, lonjakan kunjungan wisatawan, kesiapan moda angkutan, kerusakan jalan dan jembatan, serta antisipasi lonjakan Covid-19 pasca liburan untuk Kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menghadapi arus mudik.

"Masing-masing akan terus kita lakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal. Kita berharap bahwa mudik lebaran kali ini dan baliknya dalam keadaan aman dan sehat," pungkasnya.

Tampk hadir dalam acara rakor diantaranya Gubernur Khofifah, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta.