Kunjungi Bondowoso, Gubernur Khofifah Salurkan Zakat Produktif dan Santunan Anak Yatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyalurkan 100 paket zakat produktif dan memberikan santunan untuk 200 anak yatim piatu, di pendopo Bupati Bondowoso, Sabtu (30/4).


Selain dihadiri oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat beserta seluruh jajaran Forkompinda, tampak hadir pula Ketua Baznas Jawa Timur, ratusan wajah sumringah dari anak yatim dan pelaku usaha ultra mikro yang mendapat bantuan.

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin mengatakan dalam sambutannya bahwa pihahknya sangat berterima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan oleh provinsi Jatim kepada masyarakat Bondowoso.

"Diharapka mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di Bondowoso," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Salwa menyampaikan bahwa menjelang hari raya Idhul Fitri pihaknya telah melakukan konsolidasi dan kordinasi antar instansi untuk kelancaran lebaran nanti.

"Seperti menjamin kelancaran lalu lintas, kecukupan bahan pokok dan pengendalian keamanan masyarakat, serta telah melakukan rangkaian percepatan vaksinasi bersama TNI Polri," tuturnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan, Pembagian santunan dari zakat produktif ini, sebenarnya menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh pihaknya bersama Baznas Provinsi Jawa Timur.

"Ini sebenarnya program kemitraan antara Pemprov Jatim DNA Baznas. Kita sudah muter dan mendistribusikan santunan dan bantuan zakat produktif kepada pelaku usaha ultra mikro," ujarnya.

Khusus zakat produktif untuk pelaku usaha ultra mikro, menurut Khofifah, diharapkan menjadi pemutus mata rantai antara rentenir yang mencekik para pelaku usaha yang kekurangan modal usaha. Selain itu Pemprov Jatim juga tengah menyiapkan bantuan modal bagi pelaku usaha ultra mikro.

"Tahun ini, Pemprov menyiapkan pinjaman modal dengan bunga rendah melalui BPR Jatim. Jadi untuk pelaku usaha ultra mikro dan mikro bisa meminjam modal maksimal Rp 10 juta dengan bunga 3 persen per tahunnya. Selisihnya juga ditopang dari APBD Provinsi Jatim," terangnya.

Usai doa bersama anak yatim di pendopo Bupati, Gubernur Khofifah juga memberikan bantuan kepada puluhan tukang becak yang sering mangkal di kawasan kota Bondowoso.

Tampak hadir bersama Gubernur, Bupati Bondowoso beserta Forkopimda Kepala Bakorwil Jember, Kepala Bapenda Provinsi Jatim dan Karo Kesra Setda Provinsi Jatim.