Hari Lahir Pancasila, Bupati Malang Ikuti Upacara Virtual Bersama Presiden Jokowi

Bupati Malang HM Sanusi beserta Forkopimda Kabupaten Malang saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila/Ist
Bupati Malang HM Sanusi beserta Forkopimda Kabupaten Malang saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila/Ist

Memperingati Hari Lahir Pancasila, Bupati Malang HM Sanusi mengikuti upacara secara virtual dari Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan KH Agus Salim Kota Malang, Rabu (1/6). 


Bupati hadir bersama Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat S, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, serta Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang lainnya dan Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Malang

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 tersebut, dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

"Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan hanya mempersatukan semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, dan ini sudah di buktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah Bangsa. Bangsa dan Negara bisa tetap berdiri kokoh menjadi Negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," kata Presiden Joko Widodo dalam amanatnya.

Selain itu, Joko Widodo juga mengingatkan bahwa untuk pengamalan Pancasila dan perjuangan Pancasila agar diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. 

"Semuanya harus bisa mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan,  juga menjiwai interaksi antar sesama anak Bangsa. Inilah tugas bersama, dan tugas seluruh komponen Bangsa menjadikan Pancasila sebagai Ideologi yang bekerja dan dapat dirasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," ujar Jokowi. 

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila itu, Jokowi juga membahas situasi dunia yang bergejolak menghadapi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrim dan kelaparan serta perang di Ukraina. 

"Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, tokoh Ormas dan untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila," tuturnya. 

Terakhir, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dan mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi Kemerdekaan. 

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu meridlai perjuangan kita bersama," pungkas Presiden Jokowi.