Seorang Ibu Asal Pulau Bawean Melahirkan Anak Pertamanya di Kapal Penumpang

Anak yang baru dilahirkan Novi Nur Amalia di kapal penumpang Express Bahari/Ist
Anak yang baru dilahirkan Novi Nur Amalia di kapal penumpang Express Bahari/Ist

Novi Nur Amalia (21) warga Dusun Dukuh, Desa Sungai Rujing, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik (Pulau Bawean), melahirkan anak pertamanya dengan normal di dalam kapal penumpang Express Bahari.


Beruntung saat proses persalinan terjadi, terdapat dua orang bidan yang mendampingnya ikut membantu. Sehingga, bayinya lahir dengan kondisi baik dan tertangani secara baik.

Menurut Abghi Al Ghani (21), suami Novi Nur Amalia, keberadaan dirinya bersama istrinya di kapal penumpang itu hendak menuju ke RSUD Ibnu Sina Gresik, untuk memeriksa kondisi kandungan istrinya yang sudah masuk masa akan melahirkan.

"Sebenarnya di Bawean ada Rumah Sakit Umar Mas'ud yang selama ini menangani istri saya, tapi karena kondisi anak saya di dalam kandungan ada kemungkinan gangguan pernafasan (Asfiksia) dan letak sungsang kaki. Sehingga kita dirujuk ke RSUD Ibnu Sina Gresik, agar dapat penanganan yang lebih baik," ujarnya, Selasa (7/6).

Ditanya kenapa harus dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik, Ghani mengatakan hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal buruk. Karena, RS Umar Mas'ud Bawean belum memiliki dokter spesialis. 

"Makanya saat kita perjalanan menuju RSUD Ibnu Sina Gresik, didampingi dua bidan yang selama ini menangani kehamilan istri saya. Alhamdulillah, bayi saya bisa lahir dengan selamat berkat pertolongan Allah SWT dan saya juga berterima kasih kepada Bu Bidan Himma dan Bu Bidan Rabiatul Adawiyah yang mendampingi hingga membantu kelahiran anak kami," ungkapnya.

"Meski anak kami sudah lahir dengan kondisi baik dan sehat, tetap dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut,” pungkasnya.