Agusdono: PMK Di Jatim Harus Ditangani Serius, Kasihan Peternak Semakin Terpuruk

Agusdono Wibawanto/net
Agusdono Wibawanto/net

DPRD Jawa Timur meminta agar Dinas Peternakan (Disnak) Jatim serius melakukan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang meresahkan peternak. Apalagi ada info vaksiin untuk PMK bulan Agustus mendatang. Tentu waktu ini sangat lama, harus ada alternatif obat lain sambil lalu menunggu obat khusus (vaksin) tersebut.


 "Menurut informasi akan turun baru bulan Agustus. Saya juga heran, apakah tidak bisa dicarikan obat-obat yang instan? Di daerah-daerah sudah dilakukan obat-obatan dari empon-empon dan sebagainya," ujar anggota Komisi B DPRD Jatim Agus Dono Wibawanto usai melakukan hearing dengan Dinas Peternakan

 Menurut politisi Partai Demokrat ini, langkah cepat dan taktis harus dilakukan guna memberikan rasa tenang pada peternak. Pasalnya masyarakat pemilik ternak saat ini sudah nampak panik terhadap permasalahan yang menyerang hewan ternaknya ini. Permasalahan menjadi pelik saat ternak satu persatu mulai tumbang.

 "PMK ini harus ditangani secara serius, terus terang masyarakat sedang menunggu, kapan vaksin itu dan obat-obatan akan turun," kata Agus Dono saat dikonfirmasi, Senin (13/6/2022).

 Apalagi lanjut politisi asli malang ini, sebentar lagi mamasuki iduladha, maka kebutuhan sapi juga meningkat. Pemerintah harus hadir memberikan ketenangan ke peternak agar sapi mereka yang sehat masih bisa dijual belikan sebagai hewan ternak.

 "Jangan sampai kondisi iduladha yang seharusnya menjadi lahan keuntungan peternak menjadi kerugian karena imbas PMK. Kasihan masyarakat peternak mereka semakin terpuruk," tegasnya.

 Senada dikatakan oleh Mirza Ananta anggota Komisi B lainnya. Dimana dalam kondisi saat ini dengan ditetapkannya PKM sebagai kondisi darurat di Jatim, Dinas Peternakan harus bergerak cepat ke masyarakat peternak di Jatim. Mengingat keserasahan sudah merata diseluruh peternak Kota Kabuoatem di Jatim.

 "Disnak harusnya satsetlah dengan kondisi seperti ini. Disnak harusnya segera melakukan pengobatan pencegahan massal ke peternak yang ada jangan menunggu vaksin dari pusat bukan Agustus, mati semua sapi di Jatim kalau menunggu," ujarnya.

 Menururut Politisi Partai Nasdem ini, saat ini disnak seharusnya melakukan pengobatan massal kepada sapi sapi ternak di Jatim. Suntik kesehatan untuk menjaga imun sapi harus dilakukan dan diberikan secara gratis.

 "Ini khan sudah masuk kondisi darurat. Sah bila Disnak segera mengajukan dana tambahan sehingga Gubernur bisa menggunakan dana darurat yang ada untuk pengobatan massal peningkatan imun sapi ternak yang ada di Jatim," tegasnya.

 Perlu diketahui, wabah PMK yang menyerang hewan ternak di Jatim terus meluas. Berdasarkan data Dinas Peternakan (Disnak) Jatim per 5 Juni 2022, ada sebanyak 32.949 sapi yang terpapar virus PMK. Dari jumlah tersebut, ada 164 hewan ternak yang dinyatakan mati.

 Kemudian ada sebanyak 3.821 ekor hewan ternak yang telah dinyatakan sembuh, dan masih ada 28.964 hewan ternak yang saat ini masih terpapar PMK. Ternak-ternak yang terinfeksi PMK ini tersebar di 31 kabupaten/kota.

 Di Jatim saat ini tnggal tujuh wilayah bebas PMK, Yakni Pamekasan, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Tulungagung, Kota Madiun, Ngawi, dan Kota Mojokerto.