Menengok Kesibukan Advokat Andry Ermawan di Luar Penanganan Perkara 

Advokat Andry Ermawan/Ist
Advokat Andry Ermawan/Ist

Tak hanya berdedikasi dalam bidang hukum saja, Advokat Andry Ermawan juga berdedikasi dalam bersosial di masyarakat, terutama dalam bidang keamanan. 


Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta angkatan 1991 ini adalah melakukan pembinaan kepada ratusan satpam di tempat tinggalnya dalam mengatasi ancaman kejahatan.

Tak ayal, ketulusannya dalam pengabdian pada masyarakat tersebut mengantar pria kelahiran Kepulauan Riau Kepri) ini kembali dipercaya untuk menjadi Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) di Perumahan Puri Surya Jaya, periode 2021-2026.

"Ketika sudah berada di rumah, kita lepas semua atribut profesi maupun pekerjaan kita," kata Andry disela-sela melakukan  pembinaan kepada ratusan satpam di tempat tinggalnya, Sabtu (18/6).

Selama menjadi Ketua FKPM, kata Andry,  banyak pengalaman baru yang diterimanya, terutama dalam hal membagi waktu antara tuntutan profesi dengan tuntutan bersosial. 

"Saya banyak belajar dari Pak Kapolsek Gedangan tentang pembinaan terhadap satpam melalui cara presisi," ujarnya.

Menurut Andry, tanggung jawab terhadap keamanan di perumahannya bukan hanya dibebankan kepada satpam semata, melainkan juga melibatkan peran serta dari masyarakat, terutama pengurus lingkungan.

"Alhamdulillah, kami sangat guyub dan kompak. Karena keamanan itu diawali dari kenyamanannya. Kalau dah merasa nyaman, tentunya keamanan akan mengikutinya," tandasnya.

Andry Ermawan juga diketahui menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Lawyer Shotting Club (ILSC), salah satu komunitas olahraga menembak bagi para advokat. 

Club olahraga menembak bergengsi inipun kebanjiran anggota, dimana saat ini ILSC telah memiliki 60 anggota.