Advokat ini Paparkan Lima Hikmah Puasa Ramadhan 

Ketua DPC IKADIN Sidoarjo, Andry Ermawan/Ist
Ketua DPC IKADIN Sidoarjo, Andry Ermawan/Ist

Ada lima hikmah puasa di bulan Ramadhan 1445 hijriah yang harus diresapi bersama-bersama.


Hal ini dipaparkan Ketua DPC IKADIN (Ikatan Advokat Indonesia) Sidoarjo, Andry Ermawan di depan anggota Persaudaraan Pengacara Jawa Timur (PPJT) saat acara silaturahim dan buka puasa bersama di Meet Garden Cafe & Resto, MERR, Jalan Ir Soekarno, Minggu (24/3) malam. 

Hikmah pertama, menurut Andry, puasa di bulan Ramadhan akan menjadikan hamba bertakwa kepada Allah. 

"Wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," jelas Andry mengutip surat Al Baqarah ayat 183.

Hikmah kedua, lanjut Andry, berpuasa akan membuat hamba berdisiplin dengan waktu. Seorang hamba dapat membagi waktu mana untuk dunia, dan kapan waktu untuk beribadah kepada Allah.  

Andry kemudian menjelaskan hikmah ketiga. Katanya, dengan berpuasa, seorang hamba bisa menjaga hawa nafsu. Mulai nafsu amarah, ghibah hingga menjaga syahwat saat menjalankan puasa ramadhan.

"Salah satu hikmah berpuasa adalah bisa menjaga hawa nafsu kita," tuturnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Hikmah keempat, menurut Ketua Umum ILSC (Indonesia Lawyer Shooting Club) ini, berpuasa akan menjadikan hamba l mau berbagi dengan sesama. Misalkan, bersedekah dengan kaum fakir dan miskin atau anak-anak yatim. 

"Termasuk memberikan makanan untuk berbuka kepada sesama," papar salah satu pendiri PPJT ini. 

Hikmah kelima, Andry menyebut berpuasa akan menjadikan pribadi yang sabar dan tawakal. 

"Insha Allah setelah kita menjalani puasa di bulan Ramadhan ini, kita dijadikan sebagai hamba yang sabar dan selalu bertawakal kepada Allah, Aamiin," pungkasnya.