Jelang Liburan Sekolah, Daop 8 Tambah Armada Perjalanan

Kereta api / net
Kereta api / net

Memasuki masa libur panjang sekolah tahun ajaran 2022-2023, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan sebanyak 36 perjalanan KA, meningkat 2 perjalanan KA jarak jauh dibanding sebelumnya.


Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan bila sebelum masa libur sekolah, Daop 8 Surabaya mengoperasikan 34 perjalanan KA. Namun, di masa libur sekolah ini Daop 8 Surabaya menambah 2 KA jarak jauh tambahan, yakni Sembrani tambahan relasi Surabaya Pasarturi - Gambir dan KA Sancaka tambahan relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta.

Luqman Arif juga menambahkan, bila permintaan pelanggan meningkat, hal ini akan dievaluasi secara rutin untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan.

“KAI berkomitmen untuk melayani masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan terus mengutamakan disiplin protokol kesehatan,” jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin, (20/6).

Saat ini, KAI Daop 8 mengacu dengan SE Kemenhub no.57 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pelanggan dengan vaksin ke-2 dan 3, tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Apabila masih vaksin pertama, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam. Khusus pelanggan usia di bawah 6 tahun, juga tidak wajib menunjukkan hasil negatif RT-Antigen dan PCR, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan,” ucapnya.

Pada masa libur sekolah tersebut, diharapkan masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai solusi ekosistem transportasi saat melakukan bepergian. 

“Dengan kereta api memiliki berbagai keunggulan, diantaranya aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,” pungkasnya.