Faisol Riza Minta Pemerintah Kampanyekan Konsumsi Daging Aman Ditengah PMK

foto/net
foto/net

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza mendesak pada pemerintah untuk mengkampanyekan atau mengambil langkah agar warga tidak takut untuk mengkonsumsi daging ditengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).


Sebab, saat ini pihaknya banyak mendapat aduan dari masyakarat utamanya di daerah pemilihannya (Dapil) Pasuruan-Probolinggo, kalau penjual daging mengeluh karena pendapatannya menurun drastis.

"Pemerintah harus mengambil langkah secepatnya, untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat agar mengkonsumsi daging ditengah wabah PMK ini aman,"katanya, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Selasa (5/07).

Menurutnya, langkah itu bisa dilakukan oleh pemerintah agar menyelamatkan ekonomi para pedagang, utamanya pedagang UMKM dan penjual daging di pasar tradisional.

"Banyak UMKM kita yang kuliner ini, menggunakan daging Sapi. UMKM kita itu bergelut dan bangkit ditengah wabah Pandemi Covid-19 saat itu. Sekarang ini, UMKM kita ini diterpa wabah PMK,"tegasnya.

Untuk menyakinkan kalau mengkonsumsi daging sapi itu aman pada masyarakat, Ketua DPP PKB ini akan menyebarkan puluhan ekor sapi di Pasuruan -Probolinggo untuk dijadikan hewan kurban di Idul Adha 1433 Hijriah ini.

"Karena kita ingin membantu masyakarat yang tengah berjuang untuk kebutuhan ekonomi, utamanya penjual daging yang saat ini sepi pembeli. Ya itu tadi, dampak PMK ini,"tegasnya.

Pemerintah, masih kata Faisol Riza sudah tepat memberikan Vaksin dengan cepat pada hewan ternak ditengah Wabah PMK ini jelang Idul Adha ini.

Akan tetapi, pemerintah dan semuanya harus bersatu dan bergandengan tangan untuk meyakinkan pada masyarakat, mengkonsumsi daging aman.

"Semuanya harus bersatu kalau mengkonsumsi daging itu aman. Kita harus  memberi pengertian kepada masyarakat luas,"tegas dia.

Sebagai contoh kata Faisol Riza, pada saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 dan adanya vaksin, masyarakat ditakutkan dengan suntik vaksin.

"Nah ditengah wabah PMK ini, masyakarat ditakutkan untuk mengkonsumsi daging. Itulah tugas kita bersama,"paparnya.

Faisol Riza yang saat ini menjalankan ibadah haji tersebut mendoakan, para pelaku UMKM  yang tengah berjuang ditengah wabah PMK ini, supaya diberi kemudahan.

"Mari kita bersama-sama mendoakan supaya, wabah ini segera berakhir dan wabah PMK tidak sampai merebak ,"pungkasnya.