HIPMI Dukung UMKM Perorangan Naik Kelas Setelah Terima NIB dari Menteri Bahlil

Menteri Bahlil Lahadalia dalam kegiatan pemberian NIB bagi pelaku UMK Perseorangan/Ist
Menteri Bahlil Lahadalia dalam kegiatan pemberian NIB bagi pelaku UMK Perseorangan/Ist

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ikut serta dalam mensukseskan program Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam kegiatan Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan yang diselenggarakan di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatra Utara (USU), Kamis (21/7). 


Dalam kesempatan itu, Menteri Bahlil memberikan NIB kepada delapan dari 550 pelaku UMK yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Menteri Bahlil mengatakan, Kementerian Investasi/BKPM terus berkomitmen melakukan percepatan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS). 

Bahlil menegaskan bahwa melalui sistem OSS ini, pelaku usaha khususnya UMK akan memperoleh kepastian dan percepatan izin usaha tanpa biaya. Apalagi saat ini, fasilitas kredit perbankan belum dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMKM. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya UMKM yang belum memiliki legalitas usaha, sehingga tidak dapat memperoleh akses perbankan. 

“Kalau pelaku UMK tidak punya izin, maka perbankan tidak bisa menyalurkan kredit. Itu tanggung jawab kami membuat izin gratis melalui sistem OSS, agar pelaku UMK mendapat fasilitas pendanaan dari perbankan,” ucap Bahlil dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Bagas Adhadirgha mengatakan, program kemudahan perijinan melalui Onlinse Single Submission (OSS) KEmenterian Investasi/BKPM sudah berjalan baik di semua Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. 

HIPMI pun dilibatkan untuk ikut mengawal dan terjun langsung dalam membantu proses kemudahan ijin usaha ini bersama pemerintah daerah seluruh Indonesia. 

“Alhamdulillah, seperti di Sumatera Utara ini, animo masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk memiliki NIB sangat tinggi, ini menandakan geliat ekonomi di daerah sudah mulai bangkit lagi,” terang Bagas yang ikut mendampingi Menteri Bahlil.

Menurutnya, HIPMI mendukung penuh langkah strategis Kementerian Invesasi dalam membantu pelaku UMKM perorangan. Terutama legalisasi pengusaha UMKM perorangan ini untuk mendapatkan Nomor Induk BErusaha (NIB) melalui OSS. 

“Semoga ini menjadi penyembangan bagi para wirausaha muda di daerah untuk dapat berkembang dan naik kelas,” ujar CEO Asia Aero Technology ini.

Seperti diketahui, kegiatan di Medan Sumatera Utara ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang diinisiasi BKPM sejak 12 Juli 2022 lalu. Kementerian Investasi bekerja sama dengan sejumlah mitra memberikan bimbingan secara daring kepada pelaku UMK terkait dengan pemrosesan NIB melalui aplikasi OSS Indonesia. 

Mitra tersebut meliputi Bank Rakyat Indonesia (BRI), HM Sampoerna, Tokopedia, dan Grab, serta Universitas Sumatra Utara (USU), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT) USU, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang.