Rakerwil II Bahas Nama Capres, PAN Jatim Janji Suguhkan Politik yang Santun dan Kondusif

Ketua PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig
Ketua PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig

Deretan nama-nama calon Presiden untuk pilpres 2024, akan menjadi salah satu pembahasan Partai Amanat Nasiona (PAN) Jatim pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II.


Rakerwil yang akan digelar di Hotel Grand Empire Palace, Surabaya pada Sabtu (30/7) nanti, salah satunya juga akan membahas nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Beliau adalah satu-satunya kepala daerah wanita, memiliki organisasi wanita yang memiliki basis masa besar, yang bisa dipertanggungjawabkan," ujar Ketua PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig, saat menggelar konferensi pers di kantor PAN Jatim, Kamis (28/7) malam.

Selain Khofifah, adapula nama lain seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Panglima TNI Andika Perkasa.

"Tentunya dari pembahasan Rakerwil akan kita lihat. Karena juga tim sukses dari yang lain. Ini Mas Deni dari Blitar, massanya juga bicara kalau Ganjar bisa masuk. Ini Mas Akid dari Lamongan, dia juga bilang posisi Anies bagaimana. Jadi ini kepentingannya macem-macem," jelas Rizki.

"Lalu yang tentara, ada yang bilang ketua kan dari Komisi 1 (DPR RI), masak Andika (Andika Perkasa) ndak masuk? Ya kita nggak tau. Tapi kita nanti akan potret bersama-sama," tambahnya.

Deretan nama tersebut, lanjut Rizki, akan dipertimbangkan sebagai usulan dari Jawa Timur untuk diramu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, yang kemudian akan diusung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP.

"Karena nanti bisa jadi kita rekapitulasi dari rakerda-rakerda atau keputusannya ada di forum Rakernas bersama provinsi-provinsi lain," jelas dia.

Rizki juga mengatakan, bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) nanti, pihaknya telah memiliki komitmen untuk menyuguhkan suasana politik yang santun, kondusif serta tidak memecah belah antar golongan.

"PAN bersama Golkar dan PPP punya wadah yang bernama KIB. Bukan semata-mata mendukung siapa, tapi KIB ingin menghadirkan narasi politik, pilpres, pileg itu lebih kondusif," tegasnya.

Sementara dalam Rakerwil II PAN Jatim nanti, Rizki menyatakan bahwa Ketua Umum (Ketum) Zulkifli Hasan juga dijadwalkan hadir. Zulhas sekaligus membuka PANsar murah alias pasar sembako murah yang berlokasi di halaman Hotel Grand Empire Palace, Jalan Embong Malang, Surabaya.

Di sana, PAN Jatim menyiapkan sekitar satu juta sembako gratis yang bisa ditebus hanya dengan harga Rp 24 ribu. Angka itu diambil dari filosofi HUT ke-24 PAN. Isinya mulai beras, gula, hingga minyak goreng.

"Pendaftaran secara online dan umum. Total satu juta paket di bulan Agustus," tandas Rizki.