Demokrat Paling Disukai Generasi Milenial. Agusdono: Karena AHY Bersih Dan Jujur, Sehingga Disukai Anak Muda

Agusdono Wibawanto/net
Agusdono Wibawanto/net

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menggelar survei terkait elektabilitas partai politik di kalangan anak muda. Hasil survei menunjukkan sebagian besar milenial dan generasi Z menyukai partai Demokrat.


Politisi senior Partai Demokrat Agusdono Wibawanto mengaku tingginya tingkat kesukaan generasi milenial terhadap partainya karena faktor sang Ketua Umum (Ketum), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang punya kemampuan komplit sebagai seorang pemimpin. 

Selain kecerdasan, AHY juga punya kemampuan mobilisasi dan rajin turun ke grass root menyapa masyarakat. Kemampuan AHY itu rupanya menarik generasi milenial, sehingga mereka cenderung memilih Demokrat di Pemilu 2024 mendatang.

"Memang kalau kita berbicara secara ril, dari ketum partai yang ada di senayan, mas AHY mencerimankan orang muda memiliki kecerdasan, kemampuan mobilisisasi, kemampuan dan kepedulian turun kebawah, itu modal," katanya pada Selasa (28/9).

Sekadar diketahui, data dari CSIS menyatakan  sebanyak 82% responden menyukai Demokrat. Kemudian, 79% responden menyukai Gerindra, 75,9% menyukai Golkar, dan 75,8% menyukai Perindo. Sedangkan dari 93,5% anak muda yang kenal PDIP, hanya 68,2% responden yang menyukai partai berlambang banteng itu.

Survei CSIS ini dilakukan pada proporsi pemilih muda berusia 17-39 tahun (generasi Z usia 17-24 tahun dan generasi milenial usia 24-39 tahun) dan dilakukan pada periode 8-13 Agustus 2022.

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Malang Raya itu menjelaskan, masyarakat atau generasi milenial menginginkan adanya perubahan. Harapan masyarakat itulah yang ada pada sosok AHY dan Anies Baswedan.

"Saat ini sepuluh tahun kedepan rakyat ingin perubahan. Artinya apa, mereka rakyat menyadari pemimpin nasional harus berbenah dan berubah. Untuk itulah muncul kekuatan politik nasional memunculkan kalangan yang merepresentasikan anak muda. Mas Anies Baswedan dan mas AHY," jelasnya.

Ditambahkan Agusdono, track record AHY yang bersih dan jujur juga menjadi faktor penentu Demokrat disukai generasi milenial. Semangat itu dinilai sebagai dasar untuk melakuan perubahan dalam regenerasi kepemimpinan kedepan.

"Saat ini memiliki potensi secara nasional. Keduanya tidak memiliki latarbelakang negatif, bersih dan jujur. Ini yang terbuka untuk kalangan milenial. Ini yang dibutuhkan kalangan milenial dan tidak salah mereka memilih Demokrat yang mempunyai kapabilitas untuk berubah," tegasnya.