Tokoh NU Jatim Turun Gunung Dukung Anies, KASABA Dibanjiri Ribuan Orang

KH Choirul Anam dan Tjetjep Mohammad Yasien/Ist
KH Choirul Anam dan Tjetjep Mohammad Yasien/Ist

Salah satu tokoh NU di Jawa Timur, KH Choirul Anam, turun gunung untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal Capres di Pilpres 2024.


Hal ini disampaikan pendiri Kami Sahabat Anies Baswedan (KASABA), Tjetjep Mohammad Yasien dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (13/10). 

Menurut alumni PP Tebuireng ini, turun gunungnya Cak Anam (panggilan KH Choirul Anam) yang merupakan orangnya Gus Dur ini banyak membuat kyai dan tokoh NU juga warga NU turut bergabung. 

"Beliau menjabat sebagai ketua umum KASABA. Sementara saya sebagai Ketua Harian KASABA, hal ini membuat semangat dan tentunya rekan-rekan relawan di dalamnya menjadi bersemangat berlipat-lipat," tutur Gus Yasien. 

Ditambahkan Gus Yasien, sejak diumumkannya KASABA, anthusias masyarakat sangat besar. 

“Keren, hanya dua hari kami mengumumkan akan membentuk KASABA (Kami Sahabat Anies Baswedan), ribuan warga Nahdliyin dan tokoh lintas agama mendukung. Sebagian besar minat bergabung. Semangat untuk Perubahan mendukung Anies Baswedan menjadi Presiden untuk menjadikan Indonesia milik dan untuk begitu besar," tegasnya.

Dari data yang masuk, lanjut Gus Yasin, masyarakat yang bergabung memiliki latar belakang yang beragam. 

“Hampir seluruh daerah (Provinsi) ada yang mendaftar. Hebatnya, dari KTP yang masuk, mereka berasal dari berbagai agama. Selain mayoritas Islam, banyak teman-teman dari Kristiani. Ada juga yang beragama Hindu, Buddha. Ini benar-benar miniatur Indonesia yang prural,” tambahnya.

Rencananya dalam waktu dekat KASABA akan ke Jakarta untuk menata sekretariatan. 

“Kebetulan kami sudah memiliki kantor di kawasan Kramat dan Salemba, Jakarta. Dari ibukota Jakarta kita perluas ke seluruh daerah di Indonesia. Melihat catatan yang masuk, ribuan tokoh masyarakat dari berbagai daerah itu memiliki kesamaan-pandang, yakni bagaimana menjadikan Indonesia jauh lebih baik, dalam segala bidang,” terangnya.

Harapannya, KASABA memberikan kontribusi sangat signifikan dalam pemenangan Anies sebagai Presiden RI. 

“Segera kita rapatkan barisan, termasuk dalam menghadapi fitnah politik yang menghalalkan segala cara. KASABA siap turun gunung, menjelaskan ke masyarakat luas,” demikian Gus Yasien.