Irjen Teddy Minahasa Batal Jadi Kapolda Jatim, Kapolri Percayakan Irjen Toni Harmanto

Kapori Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Ist
Kapori Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Ist

Belum juga menerima tongkat Kapolda Jatim, Irjen Teddy Minahasa Putra sudah diganti Irjen Toni Harmanto. Pergantian itu tertuang dalam telegram (TR) Kapori Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang beredar di kalangan jurnalis.


Sementara Irjen Teddy ditempatkan di Pati Yanma Polri. Pengangkatan Irjen Toni tertuang dalam surat telegram rahasia Nomor: ST/2223/X/KEP/2022 Tertanggal 14 Oktober 2022. 

Dalam surat itu disebutkan, Irjen Toni Harmanto dimutasi menjadi Kapolda Jatim dari posisinya semula sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Bukan tanpa alasan, pembatalan jabatan Kapolda Jatim yang sedianya diamanatkan ke Irjen Teddy Minahasa, lantaran dirinya terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

Kabar tak sedap itu berembus sepekan setelah TR Kapolri yang menetapkan dirinya dimutasi dari Kapolda Sumatera Barat menjadi Kapolda Jatim keluar. 

Beberapa jam jadi rumor, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya membenarkan informasi penangkapan Irjen Teddy tersebut.

Kapolri menjelaskan, kasus itu bermula dari pengungkapan kasus jaringan peredaran narkotika yang dilakukan Kepolisian Daerah Metro Jaya beberapa waktu lalu, yang didasarkan dari laporan masyarakat. Polisi melakukan pengembangan dan diketahui melibatkan anggota Polri berpangkat AKBP, mantan Kapolres Bukittinggi, Sumatera Barat.

“Di situ kita melihat ada keterlibatan Irjen Teddy Minahasa,” kata Kapolri Sigit di Markas Besar Kepolisian RI, Jakarta, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (14/10).