Keputusan Ganjar Siap Nyapres Pancingan agar Dipecat dari PDIP

Ganjar Pranowo/Net
Ganjar Pranowo/Net

Kesiapan Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden tentu membawa implikasi bagi orang nomor satu di Jawa Tengah itu di partai tempat berproses yakni PDI Perjuangan.


Pengamat komunikasi politik Universitas Eaa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menyatakan secara moral Ganjar seharusnya keluar dari PDIP. Sebab keinginan nyapres Ganjar bukanlah keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Jadi, keputusan Ganjar itu sudah melawan keputusan di PDIP. Sebab, PDIP sudah memberi hak prerogatif kepada Megawati  untuk memutuskan capres yang akan diusung," demikian pandangan Jamiludin Ritonga dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (19/7).

Menurut Jamiluddin, kalau Ganjar tidak.mundur, ada kemungkinan Megawati akan memberi sanksi tegas. Kata Jamiluddin, Megawati bisa jadi akan memecat Ganjar karena sudah mendahului keputusannya.

Dalam pandangan mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini, Ganjar berani memutuskan siap nyapres karena sudah ada sinyal dari partai lain.

Meski demikian, partai lain belum bisa mendeklarasikan Ganjar karena secara moral tidak etis karena masih menjadi kader PDIP.

"Karena itu, bisa jadi keputusan Ganjar itu memang pancingan agar dipecat dari PDIP. Kalau pancingan itu berhasil, maka PDIP akan memecat Ganjar sebagai kader," pungkas Jamiluddin.