Pentingnya Kolaborasi antar Kementrian dalam Membangun Olahraga Nasional

Seminar olahraga nasional
Seminar olahraga nasional

Strategi Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dalam Implementasi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi Olahraga (IPTEK OR) banyak hal dalam mengimplementasikan olahraga.


Salah satunya dalam persepektif dalam sektor Kesehatan, Implementasi Permenpora No 10 tahun 2022 dan Panduan Tekhnis tentang Lintas Profesi Terkait dalam Perspektif Pengembangan Sport klinik

Seminar yang digelar pada Selasa (6/12) di Hotel Goodrich Suites Artotel Portfolio di jalan Antasari Jakarta Selatan, Seminar ini dibuka oleh Plt. Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Raden Isnanta, M.Pd.

Sebagai Nara Sumber yang hadir Ketua Tim Reviu DBON. Prof.Dr. Moch. Asmawi, Kementrian Kesehatan. Drg. Kartini Rustandi Sp. OK, Asdep Sentra Pembinaan OR. Prestasi, Dr. Bayu Rahadian, Ketua PPKORI, dr. Hario Tilarso, dan Pimpinan PPITKON sebagai Moderator, Suryo Agung, dan Dadi Suryadi.

Membahas seputar IPTEK Olahraga dan berbagai macam aspek tentu ini menjadi salah satu pembahasan menarik, dimana olahraga perlu pengetahuan di masing masing bidang, kualitas dan kuantitas atlet perlu didukungan dengan anggaran yang cukup.

"Seluruh tugas pokok dan fungsi keolahragaan juga wajib disosialisasikan ke seluruh daerah termasuk sarana dan prasarana baik dari pemerintah daerah terkait maupun di kementrian," ujar PLT Kepala Pusat Pengembangan IPTEK dan Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) dr. Ernawati.

Pengembangan IPTEK juga bisa di terbitkan melalui buku dan Indikator Keolahragaan sehingga mampu mendata ttlet serta mendukung peningkatan dan pengembangan di daerah.

"DBON juga menjadi salah satu pemanfaatan IPTEK olahraga dalam ketersediaan sistem informasi olahraga yang tertuang dalam UU No 11 Keolahragaan pada pasal 86, tenaga olahraga dan Komitmen Nasional untuk Prestasi dalam penunjang di Pembahasan Seminar pada hari ini," tambahnya.

Di tempat yang sama dr. Bayu Rahadian menambahkan, tata kelola dalam pembinaan yang berjenjang baik itu tentang olahraga prestasi, olahraga pendidikan, olahraga masyarakat itu termasuk dalam Implementasi perkembangan olahraga di dalam desain besar olahraga nasional.

Harapannya, permenpora dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku dalam undang undang yang sudah tertuang.