Kepala BIN Ajak Kepala Daerah Bersiap Hadapi Ancaman Resesi 

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan/Net
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan/Net

Seluruh kepala daerah di Indonesia diimbau ikut bersiap menghadapi tahun 2023 yang disinyalir penuh ketidakpastian.


Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal (Purn) Budi Gunawan mengatakan, berbagai ancaman menghantui di tahun 2023, mulai dari resesi hingga inflasi yang akan berpengaruh ke daerah dan kelompok ekonomi rumah tangga baik di kota, kabupaten, hingga ke pelosok desa.

"Kepala daerah di seluruh Indonesia harus dapat mempersiapkan diri agar dampak yang dirasakan tidak mengganggu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari," kata Budi Gunawan dalam keterangannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (20/1).

Dalam kesempatan sebelumnya, ia mengungkap analisis intelijen soal potensi ancaman besar, mulai dari perang Rusia dan Ukraina, hingga situasi geopolitik China dan Taiwan yang akan memengaruhi jalur logistik dunia.

Dampaknya, sebuah negara bisa menjadi berpikiran nasionalisme sempit karena akan mengamankan kebutuhan dalam negeri masing-masing. Contoh yang sudah terjadi ialah di Italia yang berpotensi mengalami krisis listrik dan pangan.

Oleh karenanya, Budi Gunawan berharap semua elemen bangsa bisa dapat berjalan bersama menjadikan tahun 2023 yang berat menjadi tahun berkah.

"Tentunya dengan melakukan persiapan-persiapan yang lebih baik dan lebih matang serta lebih peduli terhadap masyarakat luas," tutupnya.