Tekan inflasi, Pemkab Jember Gelar Pasar Murah Tiap Hari Selama Ramadhan

Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Jember, Hj Ervita Afdilah Sari saat menggunting pita, bersama Kadis perindag, Camat Kalisat, Umar Faruq/RMOLJatim
Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Jember, Hj Ervita Afdilah Sari saat menggunting pita, bersama Kadis perindag, Camat Kalisat, Umar Faruq/RMOLJatim

Antisipasi lonjakan harga jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, Pemkab Jember mulai gelar operasi pasar atau pasar murah pada Minggu pertama Ramadhan atau Minggu keempat di bulan Maret.


Acara pasar murah perdana, dibuka langsung Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Jember, Hj Ervita Afdilah Sari, didampingi kepala Disperindag, sejumlah kepala OPD dan Muspika Kecamatan Kalisat.

Ratusan pengunjung serbu pasar murah, yang dikomando Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Jember, di halaman Balai Kantor Kecamatan Kalisat, Senin (27/3) siang.

Kegiatan  ini diikuti sejumlah mitra kerja Disperindag yakni para pelaku usaha, BUMN dan para pelaku UMKM di  Kecamatan Kalisat. Menjual Sembako dan produk UMKM seperti makanan minuman, kerajinan untuk keperluan hari raya idul Fitri, dengan harga Diskon.

"Pasar murah yang diawali dari kecamatan Kalisat dan terlaksana dengan baik, sehingga pengunjung sangat antusias luar biasa berbelanja di pasar murah," ucap Hj Ervita, yang juga istri Wabup, Gus Firjaun, dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Dia juga menyampaikan apresiasinya dan terima kasih terhadap para pelaku usaha dan UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah. Ia juga mengaku senang karena barang -barang yang dijual di pasar murah, banyak yang terjual habis. 

"Semoga kegiatan ini, bisa membawa keberkahan bagi masyarakat Jember dan melewati hari-hari bulan ramadhan dengan baik. Selain itu, bisa menekan laju inflasi selama ramadhan hingga hari raya idul Fitri di Kabupaten Jember," harap dia.

Dengan demikian, lanjut Ervita masyarakat bisa membeli kebutuhan sembako dengan harga normal.

Dijelaskan Ervita, kegiatan pasar murah perdana diikuti sekitar 30 pelaku usaha dan UMKM dari Kabupaten Jember dan lokal Kecamatan Kalisat.

Rencananya kegiatan ini, akan digelar di 21 Kecamatan di Kabupaten Jember. Diawali dari Kantor Kecamatan Kalisat, untuk selanjutnya setiap hari akan bergerak ke Kantor Kecamatan lainnya, sesuai jadwal. 

Hal senada disampaikan Kadisperindag Pemkab Jember, Bambang Saputro. Dia menegaskan, bahwa kegiatan pasar murah selama bulan Ramadhan, tidak hanya digelar di Kantor Kecamatan, tapi juga digelar di seluruh pasar tradisional di Jember 

"Selain itu juga digelar di halaman mesjid-mesjid dalam kegiatan Jember berbagi, yang akan dihadiri Bupati Jember, Hendy Siswanto. Seperti waktu sholat dluhur, Asar, Maghrib hingga sholat tarawih," katanya.

 Dia menjelaskan untuk kegiatan operasi pasar atau pasar murah di pasar tradisional akan dimulai hari Selasa besok, 28 Maret 2023. Sementara untuk kegiatan Jember berbagi, tidak ditempatkan di Kantor Kecamatan atau pasar Tradisional. 

Sedangkan untuk pengendalian inflasi, operasi pasar atau pasar murah digelar setiap hari selama tahun 2023. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 16 Januari 2023 kemarin dan terus dilanjutkan sepanjang tahun ini.