Kilang Minyak Dumai Meledak, Direksi Pertamina Didesak untuk Mundur

Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo/Net
Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo/Net

Kilang minyak PT Pertamina di Dumai, Riau, Sabtu (1/4). Meledaknya kilang minyak ini membuat heran banyak pihak.


Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo mengaku tidak habis pikir dengan terulangnya kembali ledakan di kilang minyak pasca belum selesainya Depo Plumpang di Jakarta.

Catatan Sartono, kejadian meledaknya kolang itu mulai  kebakaran kilang Cilacap, kilang Balikpapan, kilang Balongan, depo Plumpang, dan terbaru adalah kilang minyak Dumai.

"Kebakaran juga terjadi pada kapal tanker pengangkut BBM ini ada masalah serius di internal Pertamina," kata Sartono dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/4).

Sartono mengatakan, kecelakaan ini polanya hampir sama artinya sistem keamanan yang digunakan pun sama, harusnya Pertamina sudah belajar dari kejadian sebelumya.

"Artinya selain sistem di tubuh pertamina yang salah," ujar politikus Partai Demokrat ini.

Untuk itu, Sartono mendesak Pertamina segera mengevaluasi total persoalan masalah ini. Sebab, kejadian sudah menimpa kilang minyak di berbagai daerah sudah selayaknya badan usaha mengurusi minyak negara ini segera melakukan audit yang benar karena hal ini mempertaruhkan nama negara.

"Perlu adanya evaluasi yang serius ini terhadap jajaran direksi di pertamina, kalau tidak mampu menjalankan tugasnya lebih baik mundur jangan bikin malu negara," jelas Sartono.


Berita Sebelumnya