Siaga 98 Sebut Saut Cs Relawan Anies, Wajar Serang Firli Bahuri

Saut Situmorang Cs saat demonstrasi mengkritik Ketua KPK, Firli Bahuri/RMOL
Saut Situmorang Cs saat demonstrasi mengkritik Ketua KPK, Firli Bahuri/RMOL

Kritikan dari Wakil Ketua yang menjabat pada periode 2014-2019, Saut Situmorang terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, dinilai karena murni politik.


Begitu kata Ketua Siaga ‘98 Hasanuddin melansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (20/4).

“Sedari awal Siaga 98 sudah menduga bahwa kritik beberapa pihak yang ditujukan kepada KPK saat ini tidak murni sebagai kritik,” kata Hasanudin.

Sebab, kata Hasanudin, belakangan diketahui Saut dan rekan-rekannya seperti Bambang Widjojanto yang juga mantan Wakil Ketua KPK RI terlibat dalam unsur relawan bacapres Anies Baswedan.

“Saut Situmorang (SS), Bambang Widjojanto (BW), Novel Baswedan ada keterkaitan dengan Anies Baswedan yang hendak maju menjadi Capres 2024,” ungkapnya.

Selain itu, Hasanudin juga menyebut ada juga yang menjadi pengacaranya koruptor yang kasusnya ditangani KPK. Sehingga mereka mengkritik Firli Bahuri.

“Jadi, di tengah KPK sedang menyelidiki Formula E tentu saja mereka merasa terganggu dan berusaha menghentikan penyelidikan dan rencana penyidikan KPK. KPK diseret ke ranah politik oleh mereka,” katanya.

Atas dasar itu, Hasanudin menilai apapun yang dilakukan KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri saat ini, dianggap tidak benar oleh mereka.

“Ini delegelitimasi proses penegakan hukum,” pungkasnya.