Dekatkan dengan Masyarakat, Polres Lamongan Bentuk Polisi RW

Apel Satkamling dan Launching Polisi RW di halaman Mapolres Lamongan/RMOLJatim
Apel Satkamling dan Launching Polisi RW di halaman Mapolres Lamongan/RMOLJatim

Polres Lamongan menggelar Launching Polisi RW dan Apel Satkamling di halaman Mapolres Lamongan dan dipimpin langsung oleh Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, Rabu (24/5).


“Hari ini kita launching sebanyak 250 personil Polres Lamongan dan Jajaran untuk mengemban tugas sebagai Polisi RW dan diharapkan dapat berinteraksi dengan dg masyarakat dengan sebaik baiknya serta mampu memecahkan masalah ditingkat bawah (RW)," jelasnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Polisi RW merupakan Program Unggulan Polri untuk lebih mendekatkan Pelayanan Polri hingga ke tingkat Rukun Warga (RW) dalam rangka memecahkan masalah bersama warga dengan prinsip Community Policing, Restorative Justice dan Acountability.

Adapun tugas Polisi RW antara lain yaitu Melakukan interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun kesan yang baik atau bisa disebut dengan Good Impression. Mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesa, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan di RW serta memberi solusinya (Security Assesment).

Bersama warga memecahkan masalah yang tingkat permasalahnnya kecil, (Problem Solving), melakukan scanning terhadap kerawanan di wilayah RW dan yang terakhir adalah melaporkan serta menindak lanjuti permasalahan juga saran masukan dari masyarakat.

Dalam amanatnya, Kapolres Lamongan mengucapkan Terimakasih kepada jajaran Polres Lamongan yang telah menjaga sitkamtibmas tetap aman dan kondusif.

Launchingnya Polisi RW ini ditandai dengan penyematan ban lengan Polisi RW dan rompi Satkamling secara simbolis.

Kegiatan Launching Polisi RW dan Apel Satkamling Jajaran Polres Lamongan merupakan wujud program Polri yang prediktif, dimana tugas utamanya adalah lebih kepada upaya-upaya untuk mendeteksi permasalahan di masyarakat sekaligus juga melakukan problem solving sehingga mampu mereduksi segala potensi gangguan kamtibmas.