APBD 2022 Lamongan Fokus pada Ekonomi, Infrastruktur, dan Kesehatan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi/Ist
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi/Ist

Tahun 2022 merupakan momentum untuk recovery kondisi perekonomian regional Lamongan setelah menghadapi pandemi Covid 19.


Maka dari itu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lamongan tahun anggaran 2022 terfokus pada penguatan pondasi ekonomi dan pembangunan serta peningkatan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, penanganan stunting, pemerataan aksebilitas pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat.

Menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lamongan atau DPRD dalam rangka pembahasan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2022, Senin (12/6).

Diruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan penjelasan terkait pertanyaan dari fraksi PKB, Partai Demokrat, PAN, Partai Golongan Karya, Fraksi Persatuan Nasional Rakyat Indonesia, dan Partai Gerakan Indonesia Raya terkait penurunan PAD karena penurunan klaim BPJS kesehatan terhadap penanganan Covid 19.

"Penurunan pada PAD ini dikarenakan adanya penurunan klaim BPJS kesehatan terhadap penanganan Covid 19 dan adanya keputusan Menteri Kesehatan Nomor Hk.01.07/Menkes/5673/2021 tentang petunjuk teknis klaim penggantian biaya pelayanan pasien covid 19, namun daerah disisi komponen pajak daerah sebesar 104,54% dan retribusi mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 114,03%," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes, dikutip Kantor RMOLJatim.

Kenaikan komponen pajak di Lamongan telah diimbangi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas layanan wajib pajak hal tersebut telah dilakukan dengan memberikan pelayanan pajak dan retribusi Daerah berbasis online atau digital.

Selanjutnya Pak Yes memaparkan adanya kenaikan belanja modal jalan, irigasi, dan jaringan yang  dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan dapat dijelaskan bahwa panjang jalan Kabupaten ialah 660 ribu 5.475 Kilometer.

Pada tahun 2020 dan 2021 Pemerintah Kabupaten Lamongan memiliki keterbatasan anggaran dalam pemeliharaan dan pembangunan jalan, sehingga pada tahun 2022  telah dilakukan perbaikan sepanjang 47,398 Kilometer.

Sedangkan naiknya belanja operasi sebesar 94,04% dipergunakan untuk stimulan kegiatan perekonomian masyarakat di masa recovery pasca pandemi.