Kominfo Segera Luncurkan Satelit Republik Indonesia

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Kominfo Mahfud MD/Net
Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Kominfo Mahfud MD/Net

Pemerintah segera meluncurkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1). Tujuannya, untuk menyediakan akses internet bagi kebutuhan layanan publik.


Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Kominfo Mahfud MD mengatakan, peluncuran Satelit SATRIA-1 merupakan upaya dalam pemerataan pembangunan infrastruktur digital publik di seluruh Indonesia.

“Ini adalah upaya untuk memeratakan pembangunan dan menginklusikan masyarakat dalam ekonomi digital dengan penyediaan internet di area manapun di negeri ini,” ujar Mahfud MD saat jumpa Pers di kantor Kominfo, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Akses internet yang disediakan SATRIA-1 akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di lokasi layanan publik yang belum memiliki akses atau belum memadai.

"Teknologi satelit memungkinkan akselerasi penyediaan internet di desa-desa yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optik dalam 10 tahun ke depan," jelasnya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Proyek SATRIA ini menggunakan skema KPBU, yaitu Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Masyarakat pun diharapkan memberikan dukungan agar peluncuran serta pengoperasian ini berhasil.

"Nantinya diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kapasitas internet SATRIA-1 secara bertahap mulai Januari tahun 2024," tandasnya.