Lantik 54 Kades, Bupati Malang Ajak Gotong Rotong Capai Perubahan

Bupati Malang HM Sanusi saat melantik 54 Kepala Desa masa jabatan 2023-2029/ist
Bupati Malang HM Sanusi saat melantik 54 Kepala Desa masa jabatan 2023-2029/ist

Bupati Malang HM Sanusi resmi melantik sebanyak 54 Kepala Desa (Kades) masa jabatan 2023-2029. Mereka adalah hasil Pemilihan Kepala Desa serentak gelombang kedua pada 14 Mei 2023 lalu.


Prosesi pelantikan berlangsung di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (13/6). Pengambilan sumpah jabatan disaksikan oleh Asisten I Setda Kabupaten Malang, Rachmat Hardijono dan Kepala DPMD, Eko Margianto.

Turut hadir Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Malang Darmadi, Forkopimda Kabupaten Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Ketua dan Ketua 1 TP PKK Kabupaten Malang.

"Selamat dan sukses atas dilantiknya Kepala Desa terpilih,” kata Bupati Sanusi dalam sambutannya.

“Dengan semangat gotong-royong dan solidaritas, mari kita capai perubahan yang nyata dan berkelanjutan dengan meningkatkan kualitas hidup, melindungi dan melestarikan lingkungan, serta menciptakan kesempatan juga kesejahteraan bagi semua warga Desa,” tegasnya.

Menurut Bupati Sanusi, Pemerintah Desa memiliki peran yang sangat penting dan strategis, kedudukannya sebagai unsur terdepan dituntut untuk mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien.

"Keberhasilan Pemerintahan Desa sangat ditentukan oleh kepemimpinan Kepala Desa," tandasnya.

Ia menekankan kepada seluruh Kepala Desa yang baru dilantik, agar segera berkonsolidasi menyatukan seluruh elemen masyarakat guna menyusun program kerja serta program prioritas pembangunan.

"Kepala Desa terpilih, agar menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab, kejujuran dan integritas. Jangan pernah menodai kepercayaan rakyat," tegasnya.

"Lakukan sinergitas dan komunikasi yang baik dengan lembaga desa terlebih BPD sebagai mitra Pemerintah Desa dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan serta kepada seluruh elemen desa beserta masyarakat, agar dapatnya memberikan dukungan dan kerja sama terhadap Kepala Desa terpilih,” sambungnya.

Sanusi berharap, para Kepala Desa terpilih agar dapat membawa semangat baru, inovasi, serta perubahan yang positif.

"Hal itu, demi kemajuan Desa yang akan dipimpin dalam kurun waktu 6 (enam) tahun mendatang," pungkasnya.