KPK Sudah Periksa Puluhan Orang terkait Dugaan Korupsi Kementan Sebelum Panggil Syahrul Yasin Limpo

Mentan Syahrul Yasin Limpo
Mentan Syahrul Yasin Limpo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memeriksa puluhan orang terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian RI seblum memanggil Mentan Syahrul Yasin Limpo.


Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, proses penyelidikan dugaan korupsi di Kementan sudah berlangsung sejak awal Januari 2023.

Selama lima bulan terakhir ini, KPK sudah memintai keterangan puluhan orang, mulai dari pejabat dan ASN Kementan.

"Karena ini berlangsung sejak awal Januari 2023, sudah banyak yang kemudian kami undang ke KPK, saya kira jumlahnya puluhan yang sudah dimintai keterangan," ujar Ali kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (15/6).

Dari pemeriksaan tersebut, KPK mengaku sudah memiliki bahan keterangan sebagai calon barang bukti jika dugaan korupsi di Kementan naik ke tahap penyidikan dengan menetapkan pihak-pihak yang bertanggung jawab sebagai tersangka.

"Ya beberapa ASN dan pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian, di antaranya itu (yang sudah dimintai keterangan)," ujar Ali.

KPK sendiri akan memanggil Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk dimintai keterangan pada Jumat (16/6).

Surat pemanggilan tersebut sudah dikirim kepada Mentan SYL. Untuk itu, KPK berharap agar Mentan SYL kooperatif memenuhi panggilan.

"Kami berharap yang bersangkutan bisa hadir memenuhi undangan dimaksud," pungkas Ali.