Gilga Sahid Hardhiansyah Dari penyanyi Cafe Naik Daun Menjadi Penyanyi Pop Jawa Terkenal

Gilga Sahid
Gilga Sahid

Bagi pecinta musik khususnya bergenre Pop Jawa tentu sudah tak asing dengan nama Gilga Sahid Hardhiansyah. 


Penyanyi yang akrab disapa Gilga Sahid ini sudah menelurkan tiga single lagu yang disambut antusias pecinta musik tanah air.

Bersama grup musik GildCoustic, Gilga memulai karier bermusik sejak tahun 2017. Manggung dari cafe ke cafe dijalani untuk tetap bermusik dan berkarya. 

Perjalanan karir Gilga Sahid dimulai dengan merilis single pertamanya yang berjudul "Nglarani Ra Kiro-Kiro", yang kemudian disusul dengan single kedua berjudul "Nemen".

Namun, pada single ketiganya, "Ginio", yang benar-benar memperkenalkan Gilga Sahid ke kancah musik yang lebih luas pada tanggal 28 April 2023. 

Suara unik dengan nada rendah yang dimiliki oleh Gilga Sahid berhasil membuat para penggemar dan pecinta lagu-lagu ambyar pop jawa merasa nyaman dengan karakter vokalnya.

Gilga Sahid telah menjalani perjalanan panjang dalam meniti karir musiknya hingga mencapai posisi yang ia nikmati saat ini. 

Bersama dengan rekan-rekannya di GildCoustic, ia telah menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam industri musik. Dedikasi dan ketekunan mereka dalam menghasilkan musik berkualitas akhirnya membuahkan hasil.

"Dari lulus sekolah di MAN 2 Kota Madiun tahun 2015 sudah sering tampil di cafe cafe" kata Gilga Sahid. 

Pada suatu event musik, Gilga Sahid bertemu dengan Indra Setiawan dan Sufyan Baihaqi, dan mereka sepakat untuk membentuk sebuah grup musik yang dikenal dengan nama GildCoustic.

Selain mengcover beberapa lagu pop jawa yang sedang populer, Gilga Sahid juga mulai menciptakan lagu-lagu orisinal. 

"Juli 2022 lagu berjudul Nglarani Ra Kiro-Kiro dirilis dan menjadi single pertama," ungkap penyanyi asal Madiun ini. 

Hingga pada Januari 2023 rilis single kedua berjudul Nemen yang semakin melambungkan nama Gilda Sahid. 

Lagu dari Gilda Sahid banyak disukai penikmat musik karena menggetarkan hati dan menghadirkan emosi mendalam. Seperti single ketiganya yang berjudul Ginio yang membuat nama Gilda Sahid sejajar dengan penyanyi pop Jawa yang lebih dulu terkenal. 

Hingga kini undangan konser terus didapatkan Gilga bersama GildCoustic. Seperti tampil di ajang Deliwafa festival di Surabaya, awal Juni kemarin. 

Tom Liwafa selaku penyelenggara Deliwafa festival mengaku mengundang Gilga untuk menghibur pengunjung. 

"Gilga ini musisi berbakat dari Jawa Timur yang tengah naik daun. Penggemarnya juga sangat banyak hingga wajib kita undang untuk menghibur pengunjung Deliwafa festival," ujar Tom Liwafa.

Saat ini Gilda Sahid bahkan sudah sering berkolaborasi dengan sejumlah top lainnya seperti Happy Asmara, Arlida Putri dan NDX AXA. Penyanyi berusia 25 tahun ini berharap terus bisa berkarya dalam bermusik dan karyanya disenangi penggemarnya. 

"Semoga single keempat dan seterusnya bisa secepatnya dirilis dan diterima pencinta musik terutama pop Jawa," pungkas Gilda Sahid.