Meski Megawati Turun Tangan, Tidak Mudah Bagi PDIP Yakinkan Golkar dan PAN Dukung Ganjar

foto/net
foto/net

PDI Perjuangan dan Megawati Soekarnoputri harus bekerja keras untuk dapat meyakinkan Partai Golkar dan PAN agar memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.


Hal itu disampaikan Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam menanggapi pertemuan antara Megawati dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas sebelum acara Puncak Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6).

"Arahnya pertemuan tentu sudah dapat ditebak akan membicarakan perihal kemungkinan bagi parpol-parpol tersebut untuk dapat tetap dalam gerbong koalisi PDIP," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (25/6).

Dalam pertemuan itu kata Saiful, Ketum PDIP itu bisa jadi mencoba meyakinkan Airlangga dan Zulhas agar bersama-sama dengan PDIP guna memenangkan Ganjar.

"Pertemuan tersebut sangat mungkin bagi Mega mencoba menggaet parpol lainnya seperti Golkar dan PAN untuk bersama-sama dalam koalisi yang dibangun oleh PDIP," kata Saiful.

Menurut akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, meskipun tidak mudah, namun hal tersebut terus dilakukan Mega di tengah ketidaksepahaman partai politik (parpol) tentang siapakah kandidat yang akan diusung menjadi Cawapres Ganjar.

Selain itu kata Saiful, belum jelasnya peluang dan tingkat keterpilihan Ganjar menjadi problematik tersendiri. Karena jika pada akhirnya Ganjar cenderung mudah dikalahkan oleh kandidat lainnya, maka Golkar dan PAN tidak akan menyia-nyiakan memberikan dukungan kepada Ganjar.

Analisa Saiful, butuh kerja politik ekstra untuk PDIP dan Megawati demi meyakinkan PAN dan Golkar agar bersama-sama memberikan dukungan kepada Ganjar. Termasuk, memastikan bahwa hitungan untung rugi apabila memberikan dukungan kepada Ganjar.

"Meski sekelas Megawati pun harus turun tangan untuk memasarkan Ganjar, tidak akan mudah bagi Airlangga dan Zulhas akan memberikan dukungan kepada Ganjar. Karena tentu parpol tersebut akan lebih berpikir tentang masa depan parpolnya daripada berpikir tentang kemenangan Ganjar," pungkas Saiful.