Finalis Duta Anti Narkoba Sidoarjo Diajak Edukasi Milenial Perangi Narkotika

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ikatan Duta Anti Narkoba Sidoarjo sukses grand final pemilihan Duta Anti Narkoba 2023. Kegiatan ini berlangsung meriah. Ada 10 pasang atau putra-putri yang terpilih sebagai finalis dalam ajang tersebut.


Pemilihan finalis Duta Anti Narkoba ini dilaksanakan di Gedung Graha Karya Bintang Mandiri (KBM) di Kecamatan Balongbendo Sidoarjo. Senin 26/6/2023. 

Ketua Pelaksana Grand Final Duta Anti Narkoba, Safrina Putri Indira menyatakan seluruh finalis ini sudah mengikuti tahapan seleksi yang ketat. Sebagai generasi muda harus memahami bahaya penyalahgunaan Narkotika. 

"Sehingga semua finalis mampu menjalankan tugas yang amanah dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba," Kata Safrina

Lebih lanjut, Safrina berharap pemerintah dan organisasi kepemudaan dapat berkolaborasi dalam memberantas dan memberikan edukasi bahaya penggunaan zat adiktif tersebut.

"Kami juga berharap kepada pemerintah dan OKP dapat berkolaborasi untuk Sidoarjo yang bebas dari Narkoba," ungkapnya. 

Sementara, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo Kombes Pol R. M. Tohir Hendarsyah mengapresiasi dan mendukung penuh acara pemilihan duta anti narkoba Sidoarjo tahun 2023. 

Kedepan, para duta anti narkoba diharapkan dapat memberikan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. 

"Inikan menjadi penggiat atau relawan kita yang memiliki tugas dan fungsi dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN)," Katanya. 

Sebagai anak muda, para duta anti narkoba ini diharapkan dapat memanfaatkan media sosial sebagai media edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Khususnya dikalangan anak muda dan teman sebayanya. 

"Kami mengharapkan para duta ini sebagai motor penggerak bagi generasi muda, kaum millenial untuk peredaran narkoba. Karena di Sidoarjo ini cukup rawan. Sehingga butuh kerjasama semua pihak dalam memberantas penyalahgunaan Narkotika," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Silfiati Kabid Kepemudaan Disporapar Sidoarjo berpesan para finalis duta anti narkoba ini terus melakukan kegiatan positif. Jangan hanya berhenti disini. 

"Kami siap berkolaborasi dalam menjalankan edukasi dan sosialisasi kepada anak muda tentang bahaya narkoba," ucapnya. 

Direktur Karya Bintang Mandiri (KBM) Totok Supriyono menyambut baik kegiatan tersebut. Karena acara Duta Narkoba ini sangat bagus dan penting. Karena pemuda adalah masa depan bangsa. 

"Kita tahu bersama dampak narkoba ini sangat berbahaya terhadap mental maupun fisik. Makanya saya dukung 100 persen kegiatan-kegiatan dari Duta Anti Narkoba ini. Karena pemuda adalah masa depan bangsa Indonesia," pungkasnya.