Wali Kota Malang Ajak Menghargai Sejarah Sepeda Tua di Gelaran SOWAN 2023

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji di Gelaran SOWAN 2023/ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji di Gelaran SOWAN 2023/ist

Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji mengajak menghargai sejarah sepeda tua pada gelaran Semarak Onthel Persaudaraan Nasional (SOWAN) 2023 di Kota Malang.


"Sepeda tua yang memiliki nilai sejarah ini, harus terus dilestarikan dan dikenalkan pada generasi muda. Saat ini, kita mengalami krisis moral, dimana mereka kurang bisa menghargai jasa pendahulu, kurang menghargai karya orang. Maka, dari Malang ingin membangun solidaritas agar semua dapat menghargai sejarah. Saling bergandengan menjadi keharusan kita semua," ungkap orang nomer satu di Pemkot Malang tersebut, Minggu (9/7). 

Ia juga mengapresiasi semangat yang terus digaungkan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) ' Satu Sepeda Sejuta Saudara '. Yang mana, bukan hanya membangun komunitas, tapi lebih pada persaudaraan. 

"Saya mengapresiasi sekali. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi. Terima kasih telah menjadikan sepeda tua sebagai wadah untuk mempererat persaudaraan,” ujar H. Sutiaji yang khas mengenakan kacamata itu di Lapangan Belanegara. 

Kegiatan SOWAN 2023 tersebut berlangsung selama dua hari, mulai 8-9 Juli 2023 mampu menghadirkan sekitar 3.000 peserta, yakni para pecinta sepeda tua se-Indonesia. 

"Gelaran ini dimeriahkan pameran sepeda tua, bazar barang-barang antik, lomba sepeda lambat, dan beragam hiburan lainnya. Termasuk, ada karnaval sepeda onthel dengan melintasi spot menarik di Kota Malang," tuturnya. 

H. Sutiaji berharap, dengan event nasional seperti SOWAN 2023 ini menjadi daya tarik pariwisata di Kota Malang. 

"Terlebih Kota Malang juga dikenal menyimpan warisan sejarah yang tentu akan mendukung corak tempo dulu, yang identik dengan komunitas sepeda tua ini," pungkasnya.[adv]