Wali Kota Malang Raih Penghargaan Pembina Koperasi Andalan 2023

Wali Kota Malang H Sutiaji diwakili Staf Ahli Hukum, Pemerintahan dan Politik, Tabrani saat menerima penghargaan/Ist
Wali Kota Malang H Sutiaji diwakili Staf Ahli Hukum, Pemerintahan dan Politik, Tabrani saat menerima penghargaan/Ist

Wali Kota Malang H Sutiaji mendapat penghargaan sebagai pembina koperasi andalan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), di peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 tahun 2023 di Jakarta, pada Rabu (12/7). 


Penghargaan tersebut diterima oleh Staf Ahli Hukum, Pemerintahan dan Politik, Tabrani, mewakili Wali Kota Sutiaji karena bersamaan dengan kegiatan Rakernas Apeksi di Makassar.

Dengan penghargaan itu, H Sutiaji mengungkapkan rasa syukurnya. Ia mengatakan, bahwa koperasi menjadi salah satu senjata andalan yang dimiliki Indonesia dalam membangun perekonomian.

"Pertama tentu rasa syukur yang kami sampaikan dan bersyukur juga kita memiliki koperasi, meskipun saya tidak bisa hadir karena bersamaan dengan rangkaian apeksi ini. Tetapi saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi Dekopin," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (13/7). 

"Tak kalah pentingnya, kita tidak boleh melupakan Pak Hatta, yang sudah memberikan pondasi yang kuat sehingga istilah koperasi sebagai soko guru perekonomian, itu memang benar. Koperasi menjadi andalan yang tidak dimiliki negara lain, itu keuntungan kita,” imbuhnya. 

Lebih jauh, H Sutiaji menerangkan, peran dari koperasi begitu nyata dalam membantu masyarakat, apalagi saat menghadapi pandemi Covid-19 lalu. Sehingga perekonomian di Kota Malang bisa membaik. 

"Saat Pandemi Covid-19 lalu, efeknya luar biasa, kita merasakan bersama ekonomi kita sampai minus. Saya minta waktu itu terus kuatkan koperasi, karena dapat membantu masyarakat sampai ke tingkat bawah. Saya merasakan betul bagaimana sulitnya masyarakat waktu itu, PHK dimana-mana, pengangguran meningkat, yang punya usaha sepi, perekonomian benar-benar berhenti,” paparnya. 

Dia berharap prestasi tersebut bisa menjadi semangat koperasi untuk berkembang dan profesional. 

"Tentu dengan kolaborasi antara Pemerintah Kota Malang dengan koperasi sebagai stakeholder dan mitra terus dapat saling memberi manfaat yang mutual. Dengan koperasi yang profesional, masyarakat kota Malang akan terjamin," pungkasnya. [adv]