Lanjutkan Perjuangan Jokowi, Prabowo: Kita Akan Hilirisasi Habis-habisan

Prabowo Subianto/net
Prabowo Subianto/net

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto, berkomitmen meneruskan perjuangan pemerintahan Joko Widodo untuk melakukan hilirisasi habis-habisan terhadap kekayaan alam Indonesia.


Tekad itu disampaikan Prabowo, di hadapan ribuan kader yang menghadiri acara konsolidasi Partai Gerindra, di GOR Velodrome, Jakarta Timur, Minggu (16/7).

Dia mengatakan, pemerintahan Jokowi saat ini tidak mengizinkan sumber kekayaan Indonesia dijual ke luar negeri dalam bentuk yang belum diolah.

"Kekayaan kita luar biasa. Masalahnya, mampukah kita menjaga, mengolah, dan menggunakan kekayaan itu," Prabowo balik bertanya.

Dia pun membeberkan sejumlah komoditas kekayaan yang dimiliki Indonesia, seperti nikel, bauksit, tembaga, batubara, timah, gas alam, rumput laut, ikan tuna, sawit, karet, dan sebagainya.

"Pemerintah kita sekarang ingin melaksanakan apa yang disebut hilirisasi. Hulu awal, hilir di bawah sana. Kita mau dari hulu sampai hilir dilaksanakan di Republik Indonesia. Hilirisasi, artinya membuat kita lompat menjadi negara makmur," katanya.

Dia juga mengatakan, jika kekayaan alam Indonesia dapat dimanfaatkan dengan baik, masa depan Gen Z dan milenial akan cemerlang.

"Presiden kita mencanangkan hilirisasi, dan seandainya saya diberi takdir dan diberi mandat dari rakyat, dan diizinkan Yang Maha Kuasa, saya akan meneruskan perjuangan Pak Joko Widodo, strategi beliau, kita akan hilirisasi habis-habisan, semua bahan kita akan diolah di Republik Indonesia," tegas Prabowo.

Karena, sambung dia, Indonesia tidak akan makmur, sejahtera, dan kemiskinan bisa hilang, jika kekayaan alam tidak dikelola sendiri.

Semua pabrik yang menggunakan bahan baku dari Indonesia, harus didirikan di Indonesia, agar generasi masa depan dapat pekerjaan dan kehidupan yang layak, bahkan penerimaan negara bertambah.