Pada Pembinaan ASN Se-Bakorwil V Jember, Gubernur Khofifah Ajak Bangun _Mutual Understanding, Mutual Trust dan Mutual Respect

Gubernur Khofifah / ist
Gubernur Khofifah / ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak  aparatur Pemprov Jatim.baik ASN maupun non ASN  se-wilayah kerja Bakorwil V Jember untuk saling membangun _mutual understanding, mutual trust dan mutual respect_. Ini penting, agar soliditas dan solidaritas antar ASN bisa semakin kuat, sehingga akan meningkatkan kinerja pembangunan dan pelayanan publik.


“Kalau _mutual understanding_ terbangun, maka satu dengan yang lain tidak mudah salah paham. Setelah itu maka akan terbangun _mutual trust_ sehingga satu dengan yang lain tidak mudah berprasangka buruk. Terakhir akan terbangun _mutual respect_ sehingga satu dengan yang lain akan saling menghormati,” kata Khofifah pada acara Pembinaan SDM ASN dan non ASN  se-Wilayah Kerja Bakorwil V Jember di Kab. Jember, Sabtu (19/8).

“Ketika sudah terbangun _mutual respect_, apabila ada kinerja atau proses yang belum maksimal, yang lain akan ikut membenahi. Sehingga soliditas, solidaritas, kinerja kita juga akan meningkat berseiring dengan semangat Optimis Jatim Bangkit, CETTAR, serta membangun semangat IKI (inisiatif, kolaboratif dan inovasi),” lanjutnya.

Khofifah mengatakan, peningkatan kualitas SDM ASN terus secara rutin dilakukan Pemprov Jatim. Sebab hal ini menjadi bagian  penting dari upaya  mewujudkan proses Reformasi Birokrasi Berdampak serta Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang berdampak.

“Saya berharap bahwa pertemuan konsolidasi seperti hari ini bisa mendekatkan hati kita semua bahwa kita bersaudara,” katanya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga berharap, dedikasi, kinerja dan produktivitas para ASN Pemprov Jatim terutama yang ada di Bakorwil Jember bisa terus ditingkatkan. Agar kepercayaan publik atau _public trust_ kepada Pemprov Jawa Timur juga akan meningkat. 

Hal ini selaras dengan pesan Presiden Jokowi pada saat pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 2023. Dimana, saat ini _international public trust_ kepada Indonesia meningkat secara signifikan. 

“Itu artinya bahwa kerja kita harus makin meningkat, kerja kita harus makin akuntabel, dan kita harus bisa menyelesaikan masalah dengan cepat atau _quick response_,” katanya.

Khofifah lantas mengutip yang disampaikan Imam Al Ghazali yang memberikan preferensi terhadap kepemimpinan. Imam Al Ghazali menyebut pemimpin yang baik adalah ketika membelanjakan anggarannya untuk peningkatan kesejahteraan rakyatnya. 

“Pemimpin ini kolegial dan Gubernur mengorkestrasi karena semua instrumennya bergerak, Sekda bergerak, Kepala OPD bergerak, semua bergerak, maka yang diorkestrasi ini bunyi. Ini adalah sebuah simfoni pembangunan yang memang harus diorkestrasi supaya iramanya berseiring,” katanya.

Di akhir, kepada guru, kepala sekolah dan juga Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Khofifah berpesan agar bersama-sama meningkatkan kualitas SDM sebagai upaya melahirkan generasi emas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

_“Panjenengan_ semualah yang akan melahirkan para garuda-garuda emas, para generasi emas yang akan terbang tinggi menjemput Indonesia Emas 2045. Maksudnya, pada Tahun 2045 nanti saudara  akan melihat Bupati, Gubernur, Menteri yang ternyata ini adalah anak-anak yang pernah dididik di bumi Majapahit Jawa Timur,” katanya.

*Serahkan Penghargaan ASN Berprestasi*

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah menyerahkan penghargaan kepada ASN Berprestasi di Wilayah Kerja Bakorwil V Jember. 

Diantaranya, untuk Penggerak SMK Manunggal Desa yakni Kepala SMKN 1 Klabang Bondowoso, Inspirator Kerukunan Intern Umat Beragama dan Modernisasi Beragama pada Satuan Pendidikan di Kab. Bondowoso. Kemudian ‘Holistic Learning Environments For Innovative Teaching and Learning’ in ASIA EUROPE FOUNDATION CLASS NETWORK SCHOOL COLLABORATION diraih Kepala SMAN 1 Situbondo, ASN Terinovatif di RS Paru Jember, dan Teknisi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana RS Paru Jember.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga membagikan sejumlah zakat produktif kepada 100 orang pelaku usaha ultra mikro di wilayah Jember. 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menyerahkan secara langsung hadiah bagi pemenang "Lomba Fotografi Dadakan" sebagai bagian dari peringatan Hari Fotografi Sedunia. 

Dan masih di momen HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, Khofifah turut mengajak seluruh ASN yang hadir menyanyikan lagu Bendera yang dipopulerkan band Cokelat, sembari mengibarkan Bendera Merah Putih.

Usai acara, ia juga menyempatkan meninjau stand display produk-produk unggulan UPT Pemprov Jatim se-Wilayah Kerja Bakorwil V Jember yang dipamerkan. Antara lain, stand RS Paru Jember, UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jember, Cabang Dinas Kehutanan Jember, UPG PT-HMT Jember, UPT PSMB-LT Jember dan UPT Perikanan di wilayah Kerja Jember.

Turut hadir, antara lain Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Kepala Bakorwil Jember, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, dan 745 ASN pada Perangkat Daerah, RSUD, UPT, Cabang Dinas dan Satuan Pendidikan serta karyawan BUMD Pemprov Jatim di wilayah kerja Bakorwil V Jember.