Tingkatkan Kualitas Penanganan Operasi, Basarnas Surabaya Gelar Latihan SAR di Banyuwangi

Latihan SAR
Latihan SAR

Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Surabaya melaksanakan Latihan SAR Satuan di Air yang dibuka hari ini, Senin (21/08).


Latihan ini merupakan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesiapan pegawai Basarnas khususnya rescuer untuk melaksanakan operasi SAR pada kecelakaan kapal dan Kesiapan Alut SAR .

Dalam acara pembukaan hari ini, Haris Supardi, S.Sos., M.M., Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Basarnas Surabaya mengatakan bahwa dengan adanya latihan ini diharapkan kompetensi sumber daya Basarnas dapat terus ditingkatkan.

Giat ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Surabaya, Muhamad Hariyadi, S.Sos., dan dihadiri pula oleh tim pengawas dari Direktorat Kesiapsiagaan Kantor Pusat Basarnas. Pada sambutannya, Hariyadi menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas penanganan operasi artinya meningkatkan keterampilan individu maupun beregu. 

Hariyadi juga mengapresiasi peserta yang hadir dengan antusias. "Terima kasih atas semangat teman teman dari Kantor Basarnas Surabaya, Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, dan Unit Siaga SAR Sumenep" ujarnya. 

Kegiatan ini bertempat di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi dan Pantai Bangsring. Peserta akan diberi pembekalan kelas, Tactical Floor Game (TFG) yaitu simulasi pergerakan unsur unsur terlibat dalam Operasi SAR dengan menggunakan peta besar, serta dilanjutkan dengan simulasi adanya kecelakaan kapal dengan 2 korban yang perlu dicari. "Nantinya peserta akan dibagi menjadi 3 SRU untuk mencari korban yakni pencarian dengan menggunakan RIB, penyisiran dengan perahu karet, dan dengan teknik penyelaman" jelas Haris.