HNSK Gelar Festival Laut 23 Lomba Balap Perahu

Acara lomba perahu Festival Laut 23, dihadiri unsur Muspika Kwanyar dan aparat Pemerintah Desa Kwanyar Barat.
Acara lomba perahu Festival Laut 23, dihadiri unsur Muspika Kwanyar dan aparat Pemerintah Desa Kwanyar Barat.

Himpunan Nelayan Sero Kwanyar (HNSK), Rabu (23/08/2023) mengadakan lomba perahu layar, Festival Laut 23. Acara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, digelar di Kampung Balong, Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan.


Lomba balap perahu nelayan jenis kroman ini diikuti oleh sebanyak 13 perahu. Peserta merupakan nelayan warga setempat. Tiap-tiap perahu diawaki 3 orang nelayan.

Acara balapan ini sempat tertunda dari jadwal yang direncanakan, yang seharusnya start dimulai pukul 08.00 WIB, tapi molor hingga pukul 12.00. Undurnya acara dari jadwal semula karena keadaan angin yang kurang kuat.

Setiap kali pacu, pemberangkatan perahu dilakukan secara berpasang, satu lawan satu. Rute pacu yang ditempuh sejauh lebih kurang 5km, berangkat dan balik putar.

Menurut penuturan Sekretaris HNSK, Abdullah. Kegiatan lomba ini digelar, selain menguji ketangkasan awak perahu dalam mengendalikan perahu di tengah sapuan angin kencang. Juga bertujuan sebagai forum silaturrahmi tahunan antar warga.

"Dengan adanya acara lomba perahu layar ini mudah-mudahan warga Kwanyar Barat, khususnya nelayan yang terhimpun dalam HNSK semakin rukun, guyub, tentram, dan sejahtera," harap Ab, sapaan karib Sekretaris HNSK.