Perkuat Keamanan Siber, Bupati Blitar Launcing LAKI CETAR

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Bupati Blitar laucing Tim Tanggap Insiden Siber dan Layanan Keamanan Informasi Cyber Kabupaten Blitar (LAKI CETAR) di Ruang Candi Penataran Kantor Bupati Blitar, Selasa 26 September 2023.


Dalam sambutanya Bupati mengatakan kalau Tim Tanggap Insiden Siber diharap mampu mengatasi insiden keamanan siber.

Selain itu, Bupati juga beharap LAKI CETAR juga bisa berkordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kehadiran Tim Tanggap Insiden Siber Kabupaten Blitar ini nantinya dapat secara aktif melakukan pencegahan, deteksi dini, penanggulangan hingga pemulihan bila terjadi insiden keamanan siber serta dapat berkoordinasi dengan BSSN atau pihak terkait lainnya untuk bersama-sama membangun ekosistem siber yang aman," katanya.

Bupati juga berharap, seluruh layanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar tidak sekedar memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat atau penggunanya, namun juga harus benar-benar memperhatikan aspek keamanan informasi.

"Seluruh perangkat daerah diminta untuk lebih meningkatkan awareness atau kesadaran terkait keamanan informasi," katanya.

"Keamanan informasi harus menjadi perhatian semua pihak, baik mulai level terendah sampai pucuk pimpinan," ucapnya.

"Seluruh perangkat daerah harus bersinergi untuk mewujudkan budaya sadar akan pentingnya keamanan informasi sehingga terbangun ekosistem siber yang aman di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar," sambungnya lagi.

Selain melaucing Tim Tanggap Insiden Siber dan Layanan Keamanan Informasi Cyber Kabupaten Blitar (LAKI CETAR), Bupati juga membuka Workshop Keamanan Informasi Bagu Agen Siber.[ADV]