Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Blitar Ajak Jaga Persatuan

Bupati Blitar, Rini Syarifah saat jadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila/Ist
Bupati Blitar, Rini Syarifah saat jadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Alon-Alon Kanigoro, Minggu (1/10/2023).


Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu diikuti oleh seluruh ASN, organisasi masyarakat, TNI, Polri dan pelajar.

Pada kesempatan ini Bupati Blitar, Rini Syarifah selaku inspektur upacara mengajak masyarakat untuk membumikan pancasila.

Selain itu Bupati Rini juga mengajak mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Mari kita pegang teguh pancasila sebagai pemersatu bangsa untuk membentuk Indonesia maju," tutup Mak Rini.

Bupati Rini menyebut kalau jika mendalami isi dalam Pancasila sendiri merupakan jati diri dan karakter bangsa Indonesia.

"Seperti sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang bermakna, setiap diri rakyat Indonesia adalah sosok yang beragama dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

"Walaupun agama dan kepercayaan berbeda namun saling menghormati dan bersatu dalam kebhinnekaan," lanjutnya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh warganya untuk terus menjaga persatuan dalam keberagaman, sesuai motto bangsa Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini hakikatnya adalah bagaimana kita menjaga NKRI harga mati, kuncinya kita harus bersatu, kita tidak boleh lengah," tutup Bupati Rini. (Adv)