Festival Pemuda Indonesia Junjung Sportivitas dan Pererat Tali Silaturahmi

Asdep OKK Aris Subiyono dan Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono di Kantor Kemenpora dalam acara Festival Pemuda Indonesia/RMOLJatim
Asdep OKK Aris Subiyono dan Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono di Kantor Kemenpora dalam acara Festival Pemuda Indonesia/RMOLJatim

Festival Pemuda Indonesia 2023 yang digelar di halaman Kantor Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/10), berlangsung sangat meriah. 


Kegiatan itu diikuti 45 organisasi kepemudaan (OKP) yang menjadi peserta di acara festival pemuda dengan meliputi beberapa cabang olahraga prestasi dan tradisional, diantaranya yang di perlombakan cabang futsal, badminton, tarik tambang, hadang dan bentengan. Kegiatan ini mulai pada 10 s/d 15 Oktober 2023.

"Selamat bertanding, junjung sportifitas dalam permainan dan jaga tali silahturahmi antar OKP. Ini menjadi penyelenggaraan pertama yang tentu akan membangkitkan semangat para anak muda di berbagai organisasi dan lingkungan tetap harus aktif dan terus semangat berolahraga," ujar Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono.

"Saya memberikan welcoming speech, karena Kemenpora ini adalah sebenarnya rumah kalian juga," sambung Alia.

Disampaikan Alia, penyelenggaraan Festival Pemuda Indonesia dalam rangka Kemenpora ingin kembali mempersatukan dan juga membangun tali silaturahmi antara anak-anak muda yang tergabung di organisasi kepemudaan. Karenanya jumlah OKP peserta Festival Pemuda Indonesia yang mencapai 45 ini masih bisa bertambah apabila ada OKP lain yang ingin bergabung dipersilahkan.

Menurur Alia, banyak kemeriahan di acara puncaknya nanti hingga tempat nongkrong gratis di Kemenpora pada Sabtu dan Minggu tanggal 14 dan 15 Oktober 2023.

"Nanti dimeriahkan dengan penampilan guest star dari grup band papan atas, seperti penampilan dari Jakarta 48, Ungu, The Rain, dibalut dengan penampilan Stand Up Comedy, Bilal Indrajaya, Hindia dan Sisitipsi," tandasnya.

Di tempat yang sama, Asdep OKK Kemenpora RI, Aris Subiyono menjelaskan kegiatan ini serangkaian karena selama ini diketahui kolaborasi OKP dengan Kemenpora hanya berurusan pada Deputi Kepemudaan. Padahal sebenarnya anak muda sangat terkait dengan olahraga. 

"Sebaliknya, atlet-atlet kita juga banyak anak muda. Sebenarnya anak-anak muda kita juga bisa menggunakan program kepemudaan. Inilah yang kami harapkan di Festival Pemuda Indonesia, adanya sinergitas dan juga kolaborasi dari kedua bidang," papar Aris pada awak media.

Lebih lanjut Aris, mengajak masyarakat luas khususnya para pemuda untuk datang dan menikmati rangkaian acara dalam Festival Pemuda Indonesia. Pasalnya selain kegiatan-kegiatan olahraga, Festival Pemuda Indonesia ini juga diisi ragam acara seperti hiburan penampilan artis, talkshow, pameran UMKM, hingga siraman rohani.

"Kami membuat Festival Pemuda Indonesia ini dalam rangka menuju Hari Sumpah Pemuda. Meski ini bukan acara puncak Sumpah Pemuda, tetapi ini saya rasa akan Menarik," tuturnya.