Kemenpora Berharap Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Terus Berinovasi 

Kemenpora dan para peserta lomba Pasangan Pemuda Kemenpora 2023/Ist
Kemenpora dan para peserta lomba Pasangan Pemuda Kemenpora 2023/Ist

Pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional Kemenpora 16-18 Oktober 2023 secara resmi ditutup di Hotel Ciputra Jakarta, Rabu (18/10). 


Penutupan dilakukan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Dr. Raden Isnanta M.Pd dan Asisten Deputi Bidang Kepeloporan Pemuda, Drs. Tb. Zainal Aminin MPd.M.Si bersama Sekertaris Deputi Kemenpora Drs. Edi Nurinda Susila. Penutupan dihadiri 108 pemuda dari 26 provinsi di Indonesia.

Pemilihan Kepeloporan Pemuda ini adalah bagian kelanjutan dari program pasangan muda kreatif dan inovasi Kemenpora.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang dari berbagai provinsi dan wilayah yang mewakilkan para pemuda dengan pasangannya agar bisa langsung dituangkan dan disampaikan di daerahnya masing masing. Selama berada di Jakarta telah diberikan berbagai materi dan pengalaman program Kepeloporan Pasangan Pemuda. Semoga program Pemuda Pelopor bermanfaat untuk mendukung para pemuda kreatif dan selalu berinovasi," ujar Raden Isnanta.

"Saya secara resmi menutup acara Pasangan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Kemenpora tahun 2023," pungkasnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Penutupan pemilihan pasangan muda kreatif dan berprestasi ini menghadirkan grup band dan tari Sanggar Pramana khas Pandeglang Banten dikombinasi oleh grup band akustik dan okestra dari anak muda kreatif dan band lokal iringin biola.

Pihak Kemenpora juga berharap lebih banyak lagi kedepan peserta  pemuda berpotensi untuk mengembangkan kreatif usaha dan inovasinya di tanah air. 

"Sosialisasi dari daerah terpencil menjadikan pemuda aktif menyeluruh bisa mengikuti program Kemenpora baik dari Kepeloporan Pemuda, Pasangan Muda Kreatif dan Kewirausahaan Pemuda. Ini menjadi bagian dari potensi mengembangkan secara demografi sekaligus tantangan pemuda yang akan mengambil manfaatnya buat wilayah dan lingkungan masing masing," jelas Zainal Aminin. 

Pemuda yang dihadapkan tentang gaya hidup jaman sekarang dan kemajuan teknologi global tentang persaingannya, katanya, harus semakin maju. 

Menurutnya, ini akan berdampak kepada persaingan internasional dengan negara luar.

Adanya kegiatan peran pemuda ini, lanjutnya, bisa berdampak ke sektor ekonomi pendidikan dan pertanian karena dengan kemampuan pemuda bisa menggerakkan ke semua sektor apapun.

"Kemenpora bangun kerjasama dengan beberapa pengusaha sukses, investor, instansi dan bank swasta di Indonesia. Diharapkan ini menjadi salah satu kerjasama yang baik dalam pemuda dengan meningkatkan mutu pemuda dan salah satu mengurangi tingkat penganguran dan kemiskinan di Indonesia," tambah putra asli Banten ini.