Ratusan Emak-emak Antusias Ikuti Workshop Yang Digelar Hartoyo  

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ratusan warga Surabaya terlihat antusias mengikuti workshop yang diselenggarakan anggota DPRD Jawa Timur Hartoyo pada Minggu (15/10/2023).


Dalam acara bertema workshop perpajakan dan retribusi itu, politisi Partai Demokrat tersebut memaparkan proses penarikan pajak dan peruntukannya bagi pembangunan di Surabaya.

“Harapan dengan tema pajak dan retribusi ini masyarakat tahu kemana pajak-pajak ini dbayar oleh masyarakat,” katanya.

Dari pantauan, setelah acara itu digelar, beberapa emak-emak terlihat mengajak foto bareng anggota DPRD Jatim dari Dapil Surabaya itu. Dengan semangat, satu persatu, dia terus melayani para warga untuk melakukan foto bareng.

Hartoyo mengatakan, dalam acara itu, pihaknya memaparkan alur pajak yang diterima pemerintah, dan proses pengembaliannya kepada masyarakat.

“Begitu pajak dibayar, maka haknya harus dikembalikan dan macem macem. Baik untuk infrastuktur maupun sosial termsuk PBI,” katanya.

Dia pun menerima keluahan warga, yang ditarik pajak beberapa kali. Padahal, para warga sudah merasa membayar pajak dengan tepat waktu. Dia berharap agar setiap kesulitan dialami warga mendapatkan solusi.

“Kalau saya mengalir saja dan mendatangkan itu suatu kewajiban. Dengan mengumpulkan ini apa yang menjadi kesulitan baik pelayanan tinggal kita memberikan solusi,” tambahnya.

Dalam acara itu Hartoyo juga mendapatkan keluhan terkait dengan penerimaan sekolah baru, dengan menggunakan sistem zonasi yang dirasa menyulitkan warga. Dia berharap agar sistem zonasi itu dihapus, sehingga warga bisa mendapatan kesempatan yang sama, untuk memperoleh sekolah.

“Yang menjadi masalah sistem zona dan mudah-mudahan dihapus. Terkait dengan kesehatan yang sering telepon ke saya begitu datang ke UGD tidak cepat-cepat mendapatkan kamar,” pungkasnya.