Harga Asli iPhone 15 Pro Max Ternyata Segini 

Ilustrasi iPhone 15/Net
Ilustrasi iPhone 15/Net

Harga asli iPhone 15 Pro Max ternyata tak seperti yang ada di banderol. Seri telepon seluler produksi Apple itu punya harga asli sekitar Rp8 jutaan saja. Tak sampai separuh dari versi termurah dari iPhone 15 Pro Max di pasaran. 


Harga asli yang dimaksud tentu adalah ongkos produksi smartphone tersebut. iPhone 15 Pro Max dilaporkan menjadi smartphone termahal dalam sejarah Apple terkait biaya produksi.

Menurut para ahli dari dari media Jepang, Nikkei, harga produksi iPhone 15 Pro Max baru ada di angka 558 dolar AS, atau Rp8,8 juta saja. Harga ini hanya 12 persen lebih mahal dibandingkan iPhone 14 Pro Max tahun lalu.

Ada sejumlah faktor utama yang memengaruhi kenaikan harga komponen iPhone 15 Pro Max. Yaitu kamera baru dengan zoom optik 5x, chipset milik Apple A17 Pro berdasarkan proses manufaktur 3nm yang canggih, dan layar OLED dengan kecepatan Refresh adaptif dan bezel tipis.

Sementara untuk harga produksi iPhone 15 Plus adalah 442 dolar AS (sekitar Rp7 juta), 10 persen lebih mahal dibandingkan model iPhone 14 Plus.

Menariknya, perbedaan biaya terbesar dapat dilihat pada model dasar iPhone 15. Harganya 442 dolar AS, atau 16 persen lebih mahal dibandingkan model iPhone 14.

Dan harga iPhone seri ini menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan harga jualnya yakni sebesar 53 persen.