Indonesia Pamerkan Keramahtamahan Budaya di Torzhok Rusia

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares (kanan) saat memberikan sambutan dalam pameran Teh? Kopi? Jiwa dan Tradisi Keramahtamahan di Rusia/Ist
Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares (kanan) saat memberikan sambutan dalam pameran Teh? Kopi? Jiwa dan Tradisi Keramahtamahan di Rusia/Ist

Indonesia turut memamerkan kekayaan budaya bangsa dalam pameran di Museum Sejarah dan Etnografi Rusia di Torzhok, Provinsi Tver pada 17 Oktober 2023 waktu setempat. 


Pameran tersebut mengusung tema "Teh? Kopi? Jiwa dan Tradisi Keramahtamahan". Dalam pameran tersebut, hadir pejabat Kota Torzhok, kalangan diplomat Indonesia dan Sri Lanka, pemerhati seni budaya, media lokal, mahasiswa, dan masyarakat lokal di tengah udara dingin musim gugur.

Saat pembukaan, Direktur Museum Irina Zhukova mengapresiasi KBRI Moskow dan Kedutaan Sri Lanka yang telah berpartisipasi menampilkan berbagai pernak-pernik, batik, dan pertunjukan seni sebagai ekspresi keramahtamahan khas masing-masing bangsa.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares menyambut positif pameran tersebut. Ia mengajak masyarakat Torzhok menyaksikan berbagai benda seni budaya Indonesia, salah satunya batik yang telah dinobatkan sebagai warisan budaya tak-benda asal Indonesia oleh UNESCO.

"Selain batik, ada juga promosi teh dan kopi Indonesia. Kami berharap, lebih banyak masyarakat Rusia nantinya bisa berkunjung ke Indonesia," kata Dubes Jose Tavares dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (21/10).

Adapun pameran bertema keramahtamahan ini baru pertama kali diadakan Asosiasi Kerja Sama Internasional Rusia (RAMS), Smirnov Gallery, dan Museum Sejarah Etnografi Rusia. Pameran ini akan berlangsung hingga 19 November 2023.

KBRI Moskow dalam pameran ini menampilkan berbagai benda seni budaya tradisional, seperti kain batik, poci teh dan kopi tradisional, nampan, patung, aneka hiasan dan pernak-pernik, serta hidangan teh dan kopi yang biasa disuguhkan saat menyambut tamu.

Dipertunjukan juga tarian “Persembahan” oleh Kirana Nusantara Dance dan alat musik “Gender” oleh Gamelan Dadali. Dalam kesempatan tersebut, KBRI Moskow juga membagikan goodie bags berupa produk-produk berbahan dasar kopi dari PT Mayora kepada seluruh pengunjung yang hadir.