DLH Bangkalan Berikan Bantuan 4 Unit Motor Roda Tiga untuk 2 Desa di Kecamatan Kwanyar

Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie saat menyerahkan bantuan unit motor roda dua/RMOLJatim
Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie saat menyerahkan bantuan unit motor roda dua/RMOLJatim

Bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bangkalan ke-492 tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan memberikan bantuan 4 unit gerobak motor roda tiga untuk dua desa di wilayah Kecamatan Kwanyar, yakni Desa Sumur Kuning dan Desa Kwanyar Barat.


Penyerahan bantuan secara simbolik oleh Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie kepada 2 Kepala Desa (Kades) penerima. Penyerahan unit gerobak motor roda tiga itu dilakukan setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bangkalan, Selasa (24/10/2023).

Masing-masing desa itu menerima 2 unit gerobak motor roda tiga. Bantuan kendaraan roda tiga berwarn hijau tersebut akan difungsikan sebagai kendaraan operasional pengangkut sampah.

Dua desa terpilih sebagai penerima itu adalah hasil yang diterima dari usulan pada forum musrembang. Bantuan tersebut bersumber dari APBD tahun 2023.

Kepala Dinas DLH Bangkalan, Anang Yulianto mengatakan, bantuan itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam rangka memotivasi Pemerintah Desa (Pemdes) agar berperan aktif untuk pengembangan pengelolaan sampah secara mandiri.

"Beberapa contoh sudah ada di kota ini. Pengelolaan sampah TPS 3R sudah berjalan. Sehingga mungkin ke depannya nanti bisa dikembangkan di desa. Bisa untuk menciptakan lapangan kerja baru, bisa sebagai bentuk usaha dari pemerintah desa," ujar Anang.

Dia mengatakan pihaknya sudah melakukan diskusi dengan pihak pemdes, memberikan wawasan tentang pengelolaan sampah serta menjelaskan kepada kades perihal keuntungan dari pengelolaan sampah dengan baik.

Anang berharap pemdes setempat bisa berkolaborasi dengan baik bersama pemerintah daerah dalam rangka pengelolaan sampah. 

Sementara itu Plt Camat Kwanyar Fahrozy C. Zamzam mengaku belum tahu perihal adanya bantuan ini sebelumya. Namun begitu, dia menegaskan pihaknya akan mendukung pemdes setempat supaya menggunakan kendaraan bantuan tersebut sesuai peruntukannya.

"Saya akan mendorong penggunaan unit tersebut bisa maksimal sesuai fungsinya," pungkas Fahrozy.