Sudah 45 Gelar Diraih dari Berbagai Bidang, Mahasiswa Universitas Terbuka Surabaya Masih Tak Capek Untuk Terus Belajar 

Welin Kusuma/ RMOlJatim
Welin Kusuma/ RMOlJatim

Welin Kusuma (42), Mahasiswa Universitas Terbuka Surabaya ini sudah punya gelar sebanyak 45 kali wisuda.


"Saya sudah ada 45 gelar dari berbagai universitas. Ada S1 di berbagai bidang. Delapan diantaranya S1 di Universitas Terbuka. Sekarang masih menjalani kuliah S1 manajemen juga di sini, kata Welin sesuai menjalani prosesi wisuda di Universitas Terbuka Surabaya di Kampus C Unair Surabaya, Minggu, (12/11).

Welin menjelaskan, belajar adalah sudah menjadi kesenangan dan tantangan sendiri. Puluhan gelar yang ia raih, baginya bukan sekedar koleksi.

"Tidak, itu bukan koleksi. Saya memang terpacu untuk terus belajar. Saya ingin punya banyak ilmu di berbagai bidang. Makanya saya ambil semua jurusan," sambungnya.

Welin menceritakan, awal mulanya ia mengalami kegagalan di perkuliahannya. Saat itu ia tidak lulus S1 teknik. Namun berkat dorongan orang tua, ia terus belajar hingga mendapat gelar Sarjana Teknik. 

Sejak itu pula, ia kembali masuk kuliah di berbagai kampus dan berbagai bidang. Hingga pada usia ke 42 ini, dia sudah menjalani wisuda sebanyak 45 kali.

"Saya bisa membagi waktu dengan kerja saya. Bahkan, saya juga dibiayai perusahaan saya untuk kuliah," sambungnya.

Sementara Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd pun mengapresiasi upaya dari Welin. 

"Awalnya saya juga kaget kok wisuda muncul lagi. Ternyata dia memang banyak bidang yang diambil. Ternyata juga bisa lulus,' ujarnya.

Ia juga menjelaskan, uacara wisuda UT-Surabaya merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan UT Surabaya setiap semester dan wajib diikuti oleh mahasiswa.

Pelaksanaan wisuda UT Surabaya diselenggarakan setiap semester dan telah dilaksanakan secara luring sebanyak 3 kali setelah pasca pandemi Covid 19. 

Prosesi wisudawan pada periode ini diikuti sebanyak 1578 peserta yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota se wilayah kerja UT Surabaya.

Universitas Terbuka sudah cukup lama memantapkan jati dirinya sebagai Cyber University. Secara evolutif Universitas Terbuka sejak tahun 2000-an sampai sekarang telah memulai bertransformasi fully online mulai dari proses registrasi, pembelajaran, bahan ajar, sampai ujiannya. 

"Artinya, Universitas Terbuka tidak hanya memberikan layanan tutorial secara tatap muka (TTM), tetapi juga mulai mengembangkan TTM yang terintegrated dengan Silayar tutorial online, tutorial webinar yang terintegrated dengan Silayar, dan layanan TMK (Tugas Matakuliah). Pengembangan bahan ajarnya, Universitas Terbuka juga sudah melakukan transformasi yang bukan hanya berbentuk cetak, tapi juga sudah menggunakan bahan ajar digital yang integrated dengan audio atau video. Sistem ujiannya.