Mudahkan Pembekalan Belajar, Universitas Terbuka Surabaya Gelar Orientasi Studi Mahasiswa di Hotel-hotel

Orientasi mahasiswa Universitas Terbuka Surabaya di Wyndham Hotel
Orientasi mahasiswa Universitas Terbuka Surabaya di Wyndham Hotel

Ribuan mahasiswa Universitas Surabaya akan mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru secara bertahap.


Salah satunya telah berlangsung di hotel Wyndham, Surabaya, Sabtu, (9/9) yang diikuti 389 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Sains Teknologi.

Direktur Universitas Terbuka Surabaya, Dr. Hj Suparti, M.Pd mengatakan, sengaja kegiatan orientasi ini dilakukan di hotel agar para mahasiswa merasa nyaman sejak awal dan tidak ada kendala saat proses belajar mengajar ke depannya.

"Kita menceritakan bahwa sistem belajar di UT ini secara mandiri dari jarak jauh. Sehingga nantinya mereka bisa belajar menyesuaikan waktunya," kata Suparti.

Belajar mandiri maksudnya, kata Suparti, belajar sendiri tanpa ada perintah dari dosen.  Oleh sebab itu, diperlukan pembekalan agar tidak mengalami kendala sampai lulus. 

Jika mahasiswa rajin belajar secara online, maka dia akan bisa lulus sesuai target. Sebab, di universitas Terbuka, belajarnya bisa dilakukan di rumah atau di mana saja dan tidak perlu ke kampus. 

"Makanya ada yang  namanya Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh. Mereka sangat memerlukan itu agar tidak mengalami kendala saat belajar nanti," sambungnya.

Jika hal itu telah dilakukan, maka dua Minggu ke depan akan dilakukan pelatihan jarak jauh. 

Diketahui, pada semester kali ini tercatat jumlah calon mahasiswa Universitas Terbuka Surabaya sudah mencapai 13.129  mahasiswa. 

Sementara yang sudah membayar  100 ribu ada 11.365 mahasiswa, dan yang sudah mencetak atau melakukan  registrasi mata kuliah tercatat ada 10.384 mahasiswa. 

"Sampai sekarang ini yang membayar sudah 8 ribuan. Tapi masih ada kesempatan bagi yang belum membayar," sambungnya. 

Setelah melakukan orientasi di Hotel Wyndham, selanjutnya dilakukan hal yang sama pada ratusan mahasiswa lainnya, di beberapa hotel di Jawa Timur.