China Juara Internet Tercepat, Klaim Mampu Kirim 150 Film 4K Cuma 1 Detik

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

China unjuk gigi dalam hal kecepatan internet. Mereka mengklaim punya internet tercepat di dunia yang mampu mengirim data 1,2 Tb per detik.


Dengan kata lain, internet China ini mampu mengirim 150 film berkualitas 4K hanya dalam waktu kurang dari satu detik. Kecepatan internet China ini dinilai 10 kali lipat lebih ngebut dari pesaing terdekat mereka, AS dan Korea Selatan.

Jaringan backbone yang diaktifkan pada Juli dan diluncurkan secara resmi pada Senin kemarin (13/11), menyebar sepanjang lebih dari 3.000 km. Menghubungkan Beijing di utara, Wuhan di China tengah, dan Guangzhou di selatan.

Mengutip Firstpost, Jumat (17/11), kesuksesan ini terwujud berkat kolaborasi Tsinghua University, China Mobile, Huawei Technologies, dan Cernet Corporation.

Pencapaian ini di luar ekspektasi para ahli, yang memperkirakan munculnya jaringan berkecepatan sangat tinggi 1 Tbps akan ada sekitar 2025 mendatang.

Saat ini, sebagian besar jaringan backbone internet dunia memiliki kecepatan 100 Gbps. Sedangkan Amerika Serikat baru-baru ini menyelesaikan transisi ke Internet 5G dengan kecepatan 400 Gbps.