Hadi Dediansyah: Jokowi Effect Jadi Kekuatan Prabowo-Gibran Menangkan Pilpres 2024

Hadi Dediansyah/ist
Hadi Dediansyah/ist

Faktor Jokowi Effect di akar rumput akan menjadi salah satu penentu kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Hadi Dediansyah, usai menggelar pertemuan rutin dengan warga Surabaya pada Sabtu (1811).


“Jokowi Effect akan sangat berpengaruh sekali menambah kekuatan Prabowo-Gibran,” katanya.

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Surabaya itu mengatakan, Presiden Joko Widodo mempunyai pendukung yang loyal karena selama sepuluh tahun masyarakat sudah puas dengan kinerjanya. Para pendukung loyal itu diyakini akan memilih Prabowo-Gibran yang secara serius akan meneruskan program Jokowi.

“Dengan adanya pak Jokowi effect ada korelasinya untuk pasangan Prabowo-Gibran, karena pasangan itu akan meneruskan program Jokowi,” jelas dia.

Cak Dedi, panggilan akrab Hadi Dediansyah, mengaku fenomena Jokowi Effect itu membuat kader di grass root makin bersemangat untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Cak Dedi mengajak kader dan para pendukungnya bekerja keras, agar Prabowo-Gibran bisa memenangkan Pilpres 2024 satu putaran.

 “Bagi kami kader Geirndra apalagi koncone Cak Dedi siap tembur di Surabaya,” pungkasnya.

Sementara itu, pengamat dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai semua kandidat ingin mendapatkan Jokowi Effect karena bisa jadi kekuatan di Pilpres 2024 mendatang.

“Hampir semua kandidat berharap mendapat Jokowi Effect karena factual Pak Jokowi sedang berkuasa bahkan dua periode,” katanya.

Meski demkian, untuk mendapatkan Jokowi Effect tidak akan mudah. Karena publik akan mengidentifikasi dan dekat dengan Jokowi serta meneruskan program kerjanya.

“Identifikasi atas Jokowi Effect akan sangat bergantung seberapa dekat kandidat mengidentifikasi sebagai kelanjutan atas apa yang dilakukan oleh Jokowi. Ini pasti akan menjadi sesuatu yang diperebutkan oleh kandidat,” pungkasnya.