Ketua MPR Soroti Kenaikan Harga Pangan Jelang Pemilu 2024, Bamsoet: Perlu Diwaspadai

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/RMOL
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/RMOL

Tingkat kerawanan nasional jelang Pemilu 2024 menjadi sorotan banyak pihak. Hal itu dapat dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya kenaikan harga bahan pangan. 


Hal itu disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang menyoroti dinamika yang terjadi jelang perhelatan Pemilu 2024.

“Hari-hari ini, sebagian kelompok masyarakat pun sedang merasakan ketidaknyamanan akibat naiknya harga sejumlah bahan pangan,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (30/11).

“Bahkan harga beras dan cabai dalam periode satu tahun terakhir ini naik dalam skala yang mencengangkan,” tambahnya.

Politikus Golkar itu membeberkan beberapa data terkait naiknya harga pangan tersebut.

“Sebagaimana telah diberitakan, Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat setidaknya ada sembilan komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga lebih dari 10 persen dari harga acuan atau eceran yang ditetapkan pemerintah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dia mewanti-wanti agar fenomena ini perlu disikapi oleh semua elemen bangsa.

“Faktor kenaikan harga bahan pangan di tengah persiapan Pemilu 2024 yang sarat ketidakwajaran dan ketidakpatutan itu hendaknya perlu diwaspadai, karena sangat mudah ditunggangi untuk menyulut emosi banyak orang,” imbuhnya.

“Urgensi merawat stabilitas Polhukam dan ketertiban umum menuju pelaksanaan Pemilu 2024 hendaknya mendapat perhatian ekstra dari semua pemangku kepentingan,” pungkasnya.